Study Comparative Hasil Analisis Numerik dan Eksperimental Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro di Nagari Koto Hilalang Kabupaten Solok

Anisa, Khairuni Delfi (2022) Study Comparative Hasil Analisis Numerik dan Eksperimental Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro di Nagari Koto Hilalang Kabupaten Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_KHAIRUNI_DELFI_ANISA_18338033_7220_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Turbin Ossberger atau yang biasa dikenal dengan turbin Cross-flow adalah type turbin bertekanan yang kerap dipakai pada PLTA. Contohnya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro. Kenagarian Koto Hilalang di Kabupaten Solok Kecamatan Kubung, Sumatera Barat merupakan salah satu contoh lokasi dimana Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro dapat digunakan sebagai sumber tenaga. Penelitian ini dilakukan untuk melihat perbandingan antara pembangkit listrik tersebut dengan simulasi CFD ansys dan hasil daya output teoritis sebagai acuan. Metode dalam pelaksanaan penelitian ini yaitu simulasi Computational Fluid Dynamic (CFD) dilakukan pada perangkat lunak Ansys workbench 2021 R2 student version dengan model turbulens k-epsilon RNG. Tahapan dalam melaksanakan simulasi computational fluid dynamic (CFD) ini yakni dengan memvariasikan velocity inlet yaitu 12,44 m/s, 13,28 m/s dan 13,65 m/s. Hasil analisis pada simulasi computational fluid dynamic (CFD) menunjukan bahwa Dari hasil simulasi Ansys turbin cross-flow dengan variasi velocity inlet sebesar 12,44 m/s, 13,28 m/s dan 13,65 m/s yang dibandingkan dengan hasil secara teoritis dan di lapangan ini, dapat disiimpulkan beberapa hal. Kecepatan magnitude maksimum runner memiliki hasil yang berbeda dengan jarak plane yang sama. Nilai tersebut didapat dikarenakan bentuk dari runner yang mempunyai banyak sudu maka setiap permukaan runner mempunyai kecepatan yang berbeda. Torsi yang dihasilkan oleh simulasi Ansys memiliki nilai 110,5 Nm yang paling mendekati dengan hasil teoritis yaitu 106,41 Nm. Daya luaran yang tepat pada hasil simulasi Ansys memiliki nilai 10,78 kW lebih kecil daripada hasil teoritis dan lebih besar dari hasil di lapangan. Efisiensi yang dihasilkan oleh simulasi numerik 74% dan 81% merupakan efisiensi yang cukup tinggi tetapi efisiensi dari daya yang dihasilkan sesuai dengan variasi inlet yang sama dengan teoritis dan lapangan yaitu 12,44 m/s yang diketahui hasilnya yaitu 66%. dan dalam keadaan steady state.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArwizet, ArwizetUNSPECIFIED
CorrectorMulianti, MuliantiUNSPECIFIED
CorrectorLapisa, RemonUNSPECIFIED
CorrectorHarmen, HarmenUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA NUMERIK
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 23 May 2023 08:27
Last Modified: 23 May 2023 08:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43898

Actions (login required)

View Item View Item