Dinamika Perubahan Luasan Padatan Tersuspensi dengan Memanfaatkan Citra Landsat 8 Oli di Danau Singkarak Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017 Dan 2022

Kurniawan, Indra (2022) Dinamika Perubahan Luasan Padatan Tersuspensi dengan Memanfaatkan Citra Landsat 8 Oli di Danau Singkarak Provinsi Sumatera Barat Tahun 2017 Dan 2022. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_INDRA_KURNIAWAN_18331035_6044_2022.pdf

Download (586kB) | Preview

Abstract

TSS adalah bahan-bahan tersuspensi (diameter > 1 µm) yang tertahan pada saringan miliopore dengan diameter pori 0,45 µm. TSS terdiri dari lumpur dan pasir halus serta jasadjasad renik. Penyebab TSS di perairan yang utama adalah kikisan tanah atau erosi tanah yang terbawa ke badan air. Konsentrasi TSS apabila terlalu tinggi akan menghambat penetrasi cahaya ke dalam air dan mengakibatkan terganggunya proses fotosintesis (Effendi dalam Lestari, 2009:4). Banyaknya aktivitas yang menyebabkan kekeruhan yang mempengaruhi penetrasi cahaya matahari yang masuk ke badan perairan , sehingga dapat menghalangi proses fotosintesis dan produksi primer perairan. Kekeruhan biasanya terdiri dari partikel an organic yang berasal dari erosi DAS dan resuspensi dari dasar danau. Semakin tingginya aktivitas masyarakat sekitar danau singkarak mengakibatkan penurunan kualitas perairan danau singkarak. Juga Semakin pesatnya pertambahan jumlah keramba apung yang tidak terkontrol mengakibatkan pencemaran danau karena limbah sisa makanan ikan yang menegendap ke dasar danau yang nantinya akan tersuspensi ke permukaan yang menyebabkan terhambatnya fotosintesis dan produksi primer perairan. Berdasarkan hasil penelitian , peneliti telah mendapatkan nilai TSS pada tahun 2017 dan 2022 di danau singkarak dengan metode pengolahan data citra landsat 8 menggunakan algoritma syarif budiman dengan beberapa tahapan yaitu pertama penggabungan band data citra mulai dari band 1 sampai band 7 kemudian di lakukan cropping yang mana berfungsi untuk menentukan daerah yang akan di teliti kemudian melakukan masking yang mana berfungsi untuk memisahkan darat dengan air dan selanjutnya memasuk kan rumus algoritma syarif budiman kemudian melakukan klasifikasi nilai TSS yang ada di danau singkarak. Dapat dilihat bahwa konsentrasi TSS dugaan memiliki perbedaan yang tidak terlalu jauh dengan konsentrasi TSS di lapangan. Perbedaan nilai TSS insitu dengan TSS dugaan seperti yang ditunjukkan pada tabel 15 dapat disebabkan oleh perbedaan waktu pengambilan data insitu dengan waktu perekaman citra dan kondisi citra yang mendapat pengaruh dari tutupan kabut tipis (haze).

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorArif, Dian AdetyaUNSPECIFIED
CorrectorAntomi, YudiUNSPECIFIED
CorrectorTriyatno, TriyatnoUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LUASAN PADATAN TERSUSPENSI
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 May 2023 03:12
Last Modified: 23 May 2023 03:12
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43883

Actions (login required)

View Item View Item