Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di Sdn 19 Kampung Jawa Kota Solok

Zeda, Fiqri Rahmad (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V di Sdn 19 Kampung Jawa Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_FIQRI_RAHMAD_ZEDA_183291756_5100_2022.pdf

Download (835kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis wordwall pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas V di SDN 19 Kampung Jawa Kota Solok. Penelitian ini menggunakan metode Research and development dengan model 4D. Sumber data diambil dari siswa kelas V yang berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah wawancara dan angket penelitian. Sedangkan teknik analisis data yang penulis gunakan ialah analisis kevalidan media, analisis kepraktisan media, dan analisis keefektifan media. Secara keseluruhan hasil dari penelitian ini menunjukkan; Pertama, Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi menunjukkan hasil persentase sebesar 80%, kemudian hasil validasi yang dilakukan ahli bahasa mendapatkan persentase sebesar 76%, dan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan persentase sebesar 71% yang berarti media pembelajaran berbasis wordwall pada materi mengenal rasul-rasul Allah SWT valid dan layak untuk diujicobakan kepada siswa. Kedua, berdasarkan hasil praktikalitas yang dilakukan dengan meminta respon guru dan peserta didik yang melihat penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis wordwall. Nilai praktikalitas yang didapatkan adalah sebesar 78% untuk respon guru dan 97,95% untuk respon dari peserta didik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis wordwall sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Ketiga, hasil uji efektifitas dilakukan dengan meminta respon peserta didik dan dengan melihat pertambahan pemahaman peserta didik melalui analisa nilai pretest dan posttest. Hasil yang didapat dari angket respon peserta didik adalah sebesar 98,39% dan hasil pretest dan posttest juga menunjukkan peningkatan terhadap pemahaman materi pembelajaran peserta didik dengan nilai N-Gain 0,61 dalam kategori peningkatan sedang, artinya penggunaan media pembelajaran berbasis wordwall pada materi mengenal rasul-rasul Allah SWT di kelas V SDN 19 Kampung Jawa Kota Solok dinyatakan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMuliati, IndahUNSPECIFIED
CorrectorWirdati, WirdatiUNSPECIFIED
CorrectorSulaiman, SulaimanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, MEDIA PEMBELAJARAN
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 23 May 2023 02:37
Last Modified: 23 May 2023 02:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43880

Actions (login required)

View Item View Item