Kontribusi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Hidup terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Al-Istiqamah Pasaman Barat

Astuti, Putri (2023) Kontribusi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Hidup terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA Al-Istiqamah Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_PUTRI_ASTUTI_18016053_554_2023.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup siswa kelas XI SMA Al-Istiqamah Pasaman Barat. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Al-Istiqamah Pasaman Barat. Ketiga, menganalisis kontribusi penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa XI SMA Al-Istiqamah Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Kontribusi dihitung dengan rumus koefisien determinan, menggunakan rancangan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA AlIstiqamah Pasaman Barat yang terdaftar pada tahun pembelajaran 2022/2023 dengan jumlah 273 siswa yang tersebar di tujuh kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 56 orang. Sampel penelitian diambil sebesar 20% menggunakan teknik simple random sampling. Variabel penelitian ini adalah penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan menulis teks eksplanasi sebagai variabel terikat (Y). Instrumen penelitian ini adalah tes objektif untuk penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup dan tes unjuk kerja keterampilan menulis teks eksplanasi. Hasil penelitian ini ada tiga sebagai berikut. Pertama, penguasaan kosakata siswa kelas XI SMA Al-Istiqamah Pasaman Barat berada pada kualifikasi baik pada rentang 76-85 dalam skala sepuluh dengan rata-rata hitung 76,13. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA AlIstiqamah Pasaman Barat berada pada kualifikasi baik pada rentang 76-85 dalam skala sepuluh dengan rata-rata hitung 78,84. Ketiga, penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup siswa kelas XI SMA Al-Istiqamah Pasaman Barat berkontribusi sebesar 42,25% terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Al-Istiqamah Pasaman Barat dengan H 0 dalam penelitian ditolak, sedangkan H 1 diterima karena t hitung lebih besar dari t tabel (8,07>1,67). Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi pada taraf signifikan 95%, yaitu t hitung lebih besar dari t tabel dengan dk=n-1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa untuk terampil menulis teks eksplanasi diperlukan penguasaan kosakata yang cukup. Jadi, jika guru ingin meningkatkan keterampilan menulis siswa, maka guru harus melatih siswa untuk meningkatkan penguasaan kosakata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAmir, AmrilUNSPECIFIED
CorrectorGani, ErizalUNSPECIFIED
CorrectorNoveria, EnaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 23 May 2023 01:47
Last Modified: 23 May 2023 01:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43875

Actions (login required)

View Item View Item