Astuti, Putri
(2023)
Kontribusi Penguasaan Kosakata Bidang Lingkungan Hidup
terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas XI
SMA Al-Istiqamah Pasaman Barat.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hal-hal sebagai
berikut. Pertama, mendeskripsikan penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup
siswa kelas XI SMA Al-Istiqamah Pasaman Barat. Kedua, mendeskripsikan
keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Al-Istiqamah Pasaman
Barat. Ketiga, menganalisis kontribusi penguasaan kosakata bidang lingkungan
hidup terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa XI SMA Al-Istiqamah
Pasaman Barat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif.
Kontribusi dihitung dengan rumus koefisien determinan, menggunakan rancangan
penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA AlIstiqamah
Pasaman Barat yang terdaftar pada tahun pembelajaran 2022/2023
dengan jumlah 273 siswa yang tersebar di tujuh kelas. Sampel dalam penelitian
ini berjumlah 56 orang. Sampel penelitian diambil sebesar 20% menggunakan
teknik simple random sampling. Variabel penelitian ini adalah penguasaan
kosakata bidang lingkungan hidup sebagai variabel bebas (X) dan keterampilan
menulis teks eksplanasi sebagai variabel terikat (Y). Instrumen penelitian ini
adalah tes objektif untuk penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup dan tes
unjuk kerja keterampilan menulis teks eksplanasi.
Hasil penelitian ini ada tiga sebagai berikut. Pertama, penguasaan
kosakata siswa kelas XI SMA Al-Istiqamah Pasaman Barat berada pada
kualifikasi baik pada rentang 76-85 dalam skala sepuluh dengan rata-rata hitung
76,13. Kedua, keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA AlIstiqamah
Pasaman Barat berada pada kualifikasi baik pada rentang 76-85 dalam
skala sepuluh dengan rata-rata hitung 78,84. Ketiga, penguasaan kosakata bidang
lingkungan hidup siswa kelas XI SMA Al-Istiqamah Pasaman Barat berkontribusi
sebesar 42,25% terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI
SMA Al-Istiqamah Pasaman Barat dengan H
0
dalam penelitian ditolak, sedangkan
H
1
diterima karena t
hitung
lebih besar dari t
tabel
(8,07>1,67). Berdasarkan hasil
penelitian, disimpulkan bahwa penguasaan kosakata bidang lingkungan hidup
berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks eksplanasi pada taraf signifikan
95%, yaitu t
hitung
lebih besar dari t
tabel
dengan dk=n-1. Dengan demikian, dapat
disimpulkan bahwa untuk terampil menulis teks eksplanasi diperlukan penguasaan
kosakata yang cukup. Jadi, jika guru ingin meningkatkan keterampilan menulis
siswa, maka guru harus melatih siswa untuk meningkatkan penguasaan kosakata.
Actions (login required)
|
View Item |