Isolat Jamur Endofit yang Berkolonisasi dengan Ranting Tumbuhan Sambiloto (Andrographis paniculata) sebagai Penghasil Senyawa Antibakteri

Al Khairi, Varel Anshar (2022) Isolat Jamur Endofit yang Berkolonisasi dengan Ranting Tumbuhan Sambiloto (Andrographis paniculata) sebagai Penghasil Senyawa Antibakteri. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_VAREL_ANSHAR_AL_KHAIRI_17036093_1135_2022.pdf

Download (932kB) | Preview

Abstract

Jamur endofit merupakan mikroorganisme yang hidup di dalam jaringan tumbuhan tanpa menimbulkan efek negatif terhadap tumbuhan inangnya serta mampu memproduksi metabolit sekunder yang berpotensi sebagai senyawa antibakteri. Salah satu tumbuhan yang memiliki potensi sebagai inang bagi jamur endofit adalah tumbuhan sambiloto (A. paniculata). Secara farmakologis, tumbuhan sambiloto (A. paniculata) memiliki sifat antibakteri, antiradang, antianalgesik, antiinflamasi, antimalaria dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengisolasi dan mengidentifikasi isolat jamur serta menguji aktivitas antibakteri dari hasil ekstraksi jamur endofit pada ranting tumbuhan sambiloto (A. paniculata). Metode yang digunakan pada pengujian aktivitas antibakteri adalah metode difusi cakram dan diujikan terhadap mikroba patogen yaitu Escherichia coli dan Staphylococcus aureus. Jumlah jamur endofit yang berhasil diisolasi dari ranting tumbuhan sambiloto (A. paniculata) sebanyak dua isolat yaitu isolat RS-1 dan RS-2. Isolat RS-1 memiliki bentuk koloni berserabut, tekstur koloni seperti kapas dan warna permukaan koloni putih melingkar. Sedangkan isolat RS-2 memiliki bentuk koloni berserabut, tekstur koloni seperti serbuk dan warna permukaan koloni hitam membulat dengan pinggiran putih. Hasil uji aktivitas antibakteri ekstrak etil asetat isolat RS-1 mampu menghambat pertumbuhanE. colidanS. aureus. Ekstrak etil asetat isolat RS-1 memiliki daya hambat tertinggi pada konsentrasi 5% dengan rata-rata diameter zona hambat sebesar 10,33 mm terhadap E. colidan9,33 mm terhadap S.aureus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorEtika, Sri BentiUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorAmelia, FitriUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 23 May 2023 01:47
Last Modified: 23 May 2023 01:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43873

Actions (login required)

View Item View Item