Pengaruh Minat terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII UPT SMP Negeri 1 Batang Kapas

Ariesta, Vania Frasetya (2022) Pengaruh Minat terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VII UPT SMP Negeri 1 Batang Kapas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_VANIA_FRASETYA_ARIESTA_1305594_1044_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika siswa SMP Negeri 1 Batang Kapas cenderung rendah. Diduga salah satu penyebabnya adalah siswa kurang berminat belajar matematika. Hal ini didukung oleh hasil wawancara dengan beberapa siswa yang menunjukkan bahwa mereka kurang berminat belajar matematika. Melalui penelitian ini ingin diungkap secara empiris, apakah minat belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di UPT SMP Negeri 1 Batang Kapas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di UPT SMP Negeri 1 Batang Kapas. Jenis penelitian ini adalah gabungan penelitian Ex Post Facto dan penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII UPT SMP Negeri 1 Batang Kapas dengan jumlah 192 orang. Sampel penelitian ini adalah 60 siswa yang diambil secara purposive sampling, dimana sampel yang diambil berdasarkan kelas dimana guru tersebut mengajar. Instrumen penelitian berupa angket/kuesioner, tes, dan pedoman wawancara. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan statistik deskriptif dan uji regresi linier sederhana, dengan minat belajar siswa sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat pengaruh yang signifikan minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII di UPT SMP Negeri 1 Batang Kapas. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa semakin tinggi minat siswa maka semakin tinggi hasil belajar matematika yang diperoleh siswa. Sebaliknya, semakin rendah minat belajar siswa maka hasil belajar matematika yang diperoleh juga semakin rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFauzan, AhmadUNSPECIFIED
CorrectorJamaan, Elita ZustiUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 23 May 2023 01:47
Last Modified: 23 May 2023 01:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43872

Actions (login required)

View Item View Item