Afif, Faris
(2022)
Optimasi Penggunaan Jenis Busi, Oli, dan Campuran Ethanol
Bensin Terhadap Peningkatan Suhu dan Jarak Tempuh Mesin 4
Langkah dengan Metode Taguchi.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian kali ini akan mencari hasil optimal dari penggunaan jenis busi,
oli, dan campuaran ethanol bensin terhadap peningkatan suhu dan jarak tempuh
sepeda motor 4 langkah dengan menggunakan metode taguchi, yang mana
penelitian ini juga dapat di jadikan sebagai referensi untuk peneliti selanjutnya.
Objek penelitian pada penelitian ini adalah sepeda motor Yamaha Vega ZR 2010
modifikasi sistem injeksi.
Pengumpulan data dilakukan secara langsung, seperti uji suhu dilakukan
dengan putaran mesin 5000 rpm dengan rentang waktu 2 menit, setiap run-nya,
sedangkan untuk uji jarak tempuh menggunakan metode full to full.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah di lakukan, peningkatan suhu
mendapat respon otimal yaitu faktor A1 (Busi Nikel) respon SNR (36,2803), B3
(Oli Shell Advance) respon SNR (37,8012), C2 (ethanol bensin 75%:25%) respon
SNR (36,4388). Sedangkan untuk respon optimal jarak tempuh yaitu faktor A2
(Busi Iridium) respon SNR (28,5501), B2 (Oli Federal Racing) respon SNR
(28,5446), C3 (ethanol bensin 80%:20%) respon SNR (28,5446)
Actions (login required)
|
View Item |