Pengembangan Jobsheet Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Payakumbuh

Rahman, Berlian Anisa (2022) Pengembangan Jobsheet Mata Pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika Kelas XI Teknik Audio Video di SMK Negeri 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_BERLIAN_ANISA_RAHMAN_18065025_7880_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini dirancang untuk (1) mengembangkan Jobsheet Penerapan Rangkaian Elektronika sesuai dengan kurikulum untuk siswa kelas XI Teknik Audio Video SMK Negeri 2 payakumbuh; dan (2) mengetahui tingkat persentase kelayakan jobsheet Penerapan Rangkaian Elektronika sebagai perangkat pembelajaran penerapan rangkaian elektronika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Desain penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan 4-D models dengan empat tahapan pokok, yaitu (1) Pendefinisian (Define); Perancangan (Design); (3) Tahap Pengembangan (Develop); (4) Tahap Penyebaran (Disseminate). Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) Jobsheet dikembangkan memuat 6 materi; dan (2) Berdasarkan hasil penilaian ahli media mencapai rerata presentase 98% (sangat layak), dan ahli materi mencapai rerata presentase 90%. Meskipun jobsheet dinilai layak dan baik digunakan dalam pembelajaran, terdapat beberapa keterbatasan terkait penerapannya oleh guru ketika mengajar. Pengembangan Jobsheet selanjutnya perlu memperdalam analisis kebutuhan dan desain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorHanesman, HanesmanUNSPECIFIED
CorrectorAlmasri, AlmasriUNSPECIFIED
CorrectorEfrizon, EfrizonUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENGEMBANGAN JOBSHEET
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 22 May 2023 07:10
Last Modified: 22 May 2023 07:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43861

Actions (login required)

View Item View Item