Keikutsertaan Wanita Pasangan Usia Subur dalam Program Keluarga Berencana di Jorong Koto Gadang Jaya, Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Wahyuningtias, Endah (2022) Keikutsertaan Wanita Pasangan Usia Subur dalam Program Keluarga Berencana di Jorong Koto Gadang Jaya, Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_06_ENDAH_WAHYUNINGTIAS_15045068_6183_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Jorong Koto Gadang Jaya, Kecamatan Kinali, Kabupaten Pasaman Barat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui keikutsertaan wanita pasangan usia subur dalam program KB, dan (2) untuk mengetahui dampak penggunaan alat kontrasepsi wanita pasangan usia subur dalam program KB. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang menggunakan daftar pertanyaan untuk acuan dalam melakukan wawancra. Subjek penelitian ini adalah wanita pasangan usia subur yang ada di Jorong Koto Gadang Jaya sebanyak 20 orang dengan menjadikan latar belakang pendidikan dan lama status menikah sebagai acuan untuk mengetahui keikutsertaan wanita PUS dalam program Keluarga Berencana, serta mengetahui dampak penggunaan alat kontrasepsi pada wanita PUS. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Penelitian ini menemukan: (1) Latar belakang pendidikan wanita PUS tidak berpengaruh terhadap keikutsertaan wanita PUS dalam program KB karena yang sangat pempengaruhi keikutsetaan tersebut adalah usia perkawinan. Wanita PUS dengan usia perkawinan kurang dari dua tahun cenderung tidak mengikuti program KB karena ingin segera memiliki anak sedangkan wanita PUS dengan usia perkawinan lebih dari dua tahun cenderung mengikuti program KB karena telah memiliki anak dan sedang menjalani program penjarakan kelahiran. (2) Wanita PUS yang telah mengikuti program KB merasakan beberapa efek samping akibat penggunaan alat kontrasepsi seperti datang bulan tidak teratur, sakit kepala, obesitas, tekanan darah tinggi, dan beberapa masalah kesetan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuasti, YurniUNSPECIFIED
CorrectorAfdhal, AfdhalUNSPECIFIED
CorrectormARIYA, SriUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: WANITA PASANGAN USIA SUBUR, PROGRAM KELUARGA BERENCANA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 May 2023 07:09
Last Modified: 22 May 2023 07:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43855

Actions (login required)

View Item View Item