Perbandingan Keberhasilan Implementasi Program Pamsimas Kampung Pasar Pagi dan Kampung Tegal Sari di Nagari Lunang Satu Kecamatan Lunang

Kurnia, Endah (2022) Perbandingan Keberhasilan Implementasi Program Pamsimas Kampung Pasar Pagi dan Kampung Tegal Sari di Nagari Lunang Satu Kecamatan Lunang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_ENDAH_KURNIA_18042039_5533_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Program penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat (Pamsimas) merupakan suatu inovasi pemerintah dalam meningkatkan akses masyarakat terhadap air minum dan sanitasi yang layak dengan skema berbasis masyarakat untuk daerah pedesaan dan peri-urban. Nagari Lunang satu merupakan salah satu daerah yang menjadi sasaran program pamsimas III. Dalam pelaksanaan program pamsimas di Nagari Lunang Satu, terjadi perbedaan keberhasilan implementasi program Pamsimas antara Kampung Tegal Sari dan Pasar Pagi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui perbedaan keberhasilan implementasi program Pamsimas di Kampung Pasar Pagi dan Tegal Sari serta untuk mengetahui faktor apa yang menjadi penyebab perbedaan keberhasilan implementasi program Pamsimas antara Kampung Tegal Sari dan Pasar Pagi. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif semu (quasi kualitatif). Informan pada penelitian ini dipilih dengan teknik purposive sampling. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik Pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data penelitian dilakukan dengan teknik triangulasi sumber. Pada penelitian ini teknik analisis data dilakukan dengan tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program Pamsimas di Kampung Pasar Pagi sudah berjalan dengan optimal, hal ini dikarenakan program Pamsimas merupakan program yang tepat dilaksanakan di Kampung Pasar Pagi, pelaksanaan program Pamsimas di Kampung Pasar Pagi sudah sesuai dengan prinsip pelaksanaan program Pamsimas, masyarakatnya memiliki partisipasi yang tinggi, serta program Pamsimas sudah dilaksanakan dalam kondisi lingkungan internal dan eksternal yang kondusif. Sedangkan Implementasi program Pamsimas di Kampung Tegal Sari belum berjalan optimal, karena meskipun program Pamsimas merupakan program yang tepat diselenggarakan di Kampung Tegal Sari, dalam pelaksanaannya belum sesuai dengan prinsip pelaksanaan program Pamsimas, masyarakatnya masih memiliki partisipasi yang rendah, serta masih belum terciptanya lingkungan internal dan eksternal yang kondusif. Faktor penyebab perbedaan keberhasilan implementasi program Pamsimas antara Kampung Pasar Pagi dan Tegal Sari yaitu faktor perencanaan, faktor partisipasi atau sikap masyarakat, serta faktor koordinasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMagriasti, LinceUNSPECIFIED
CorrectorSasmita, SiskaUNSPECIFIED
CorrectorPutri, Nora EkaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: IMPLEMENTASI PROGRAM PAMSIMAS
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 May 2023 07:09
Last Modified: 22 May 2023 07:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43854

Actions (login required)

View Item View Item