Pertukaran Sosial dalam Interaksi Antara Petani dengan Usaha Penggilingan Padi di Kenagarian Kambang Timur Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan

Nengsih, Elvina Rusma (2022) Pertukaran Sosial dalam Interaksi Antara Petani dengan Usaha Penggilingan Padi di Kenagarian Kambang Timur Kecamatan Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_04_ELVINA_RUSMA_NENGSIH_18058079_6570_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bentuk dan faktor penyebab terjadinya pertukaran sosial antara petani dengan usaha penggilingan padi di Kenagarian Kambang Timur. Hal ini menarik untuk diteliti karena hubungan yang terjadi antara petani dengan usaha penggilingan padi bukan hanya hubungan ekonomi tetapi juga terdapat pertukaran sosial yang saling menguntungkan dan mengikat, dimana didalamnya terdapat kesepakatan dan komitmen yang apabila mereka melanggar akan ada konsekuensi tertentu yang akan di terima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus intrinsik. Teknik pemilihan informan yaitu purposive sampling dengan informannya yaitu pemilik usaha penggilingan padi, pekerja usaha penggilingan padi dan petani, dengan jumlah informan sebanyak 30 informan yaitu 8 pemilik usaha penggilingan padi, 3 pekerja usaha penggilingan padi dan 19 petani. Pengumpulan data dengan teknik observasi non partisipasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori pertukaran sosial dari George C homans. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa bentuk pertukaran sosial yang terjadi antara petani dengan usaha penggilingan padi di Nagari Kambang Timur ada pertukaran fisik dan pertukaran non fisik. Pertukaran fisik dalam penelitian ini yaitu pertukaran yang bersifat mengikat dan pertukaran dalam bentuk tunjangan, keuntungan yang diperoleh dalam bentuk pertukaran ini yaitu terbantunya petani dan usaha penggilingan padi secara ekonomi. Faktor penyebab terjadinya pertukaran ini yaitu faktor utang piutang. Sedangkan pertukaran non fisik dalam penelititian ini yaitu pertukaran dalam bentuk jasa dan pertukaran dalam hubungan sosial, pertukaran ini bisa disebabkan oleh faktor pergaulan, kekeluargaan dan faktor status sosial. Keuntungan yang diperoleh dari bentuk pertukaran ini yaitu memperkuat tali persaudaraan, hubungan persahabatan dan lain-lain. Kerjasama antara petani dengan usaha penggilingan padi tetap berjalan karena hubungan yang terjadi di antara petani dengan usaha penggilingan padi yaitu hubungan yang saling menguntungkan (simbosis mutualisme).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSyafrini, DelmiraUNSPECIFIED
CorrectorIkhwan, IkhwanUNSPECIFIED
CorrectorPutra, Eka VidyaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PERTUKARAN SOSIAL
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 22 May 2023 04:39
Last Modified: 22 May 2023 04:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43852

Actions (login required)

View Item View Item