Furgani, Farhan
(2022)
“Analisis Kinerja Ruas Jalan Berdasarkan Pertumbuhan Lalu Lintas
Dan Kapasitas Jalan Menggunakan Pkji 2014 (Studi Kasus : Jalan Raya Kapas Panji,
Pasar Padang Luar Kabupaten Agam).
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Jalan Raya Kapas Panji, Pasar Padang Luar merupakan salah satu jalan yang
berada di Sumatera Barat, jalan ini merupakan salah satu jalan penghubung antar
provinsi, jalan Raya Kapas Panji adalah jalan nasional yang fungsinya yaitu jalan
kolektor primer. Seiring waktu jumlah kendaraan yang melewati Jalan Raya Kapas
Panji, Pasar Padang Luar mengalami peningkatan dan membuat kinerja Jalan
menurun. Dengan adanya permasalahan tersebut maka penelitian ini dilakukan
dengan tujuan mengetahui kinerja ruas jalan untuk lima tahun kedepan.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian
ini menggunakan data perhitungan volume kendaraan, waktu tempuh kendaraan
dan data pertumbuhan penduduk lima tahun terakhir untuk mendapatkan tingkat
pertumbuhan penduduk yang dipakai untuk tingkat pertumbuhan kendaraan lima
tahun kedepan. Data-data tersebut diperlukan untuk menganalisis kinerja jalan dan
tingkat pelayanan jalan pada ruas Jalan Raya Kapas Panji, Pasar Padang Luar.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:
volume kendaraan terbanyak yaitu pada hari Sabtu sebanyak 1854 skr/jam.
Kapasitas ruas jalan Raya Kapas Panji sebesar 2852 skr/jam sehingga didapatkan nilai
derajat kejenuhan (DJ) untuk tahun 2022 sebesar 0,65 dan untuk tahun 2027 sebesar
0,70. Nilai (DJ) untuk lima tahun kedepan masih layak karena dalam PKJI 2014,
standar maksimum nilai (DJ) bernilai 0,75 dan ketentuan Morlok tahun 1978 untuk
nilai derajat kejenuhan 0,70 masih dalam point C. Maka untuk meningkatkan
pelayanan ruas jalan tersebut diperlukannya alternatif-alternatif agar kecepatan
untuk kondisi jalan tersebut bisa meningkat. Alternatif yang peneliti usulkan adalah
memindahkan kegiatan pasar yang menggunakan badan jalan untuk melakukan
kegiatan jual beli hanya di dalam pasar, alternatif kedua membuat larangan parkir
Jalan Raya Kapas Panji, Pasar Padang Luar dari Simpang Empat Padang Luar sampai
Pasar Padang Luar, alternatif ketiga membuat tempat pemberhentian sementara
khusus untuk angkutan umum. Selanjutnya alternatif yang peneliti usulkan yaitu
membuat jembatan layang pada dari Jalan Sutan Sjahrir hingga Jalan Raya Kapas
Panji sepanjang 1,6 km untuk menghindari Pasar Padang Luar, sehingga kendaraan
yang tidak berkepentingan pada Pasar Padang Luar bisa melewati jembatan layang
tersebut untuk mengurangi volume kendaraan yang melewati Pasar Padang Luar
untuk memperlancar lalu lintas
Actions (login required)
|
View Item |