“Analisis Kinerja Ruas Jalan Berdasarkan Pertumbuhan Lalu Lintas Dan Kapasitas Jalan Menggunakan Pkji 2014 (Studi Kasus : Jalan Raya Kapas Panji, Pasar Padang Luar Kabupaten Agam)

Furgani, Farhan (2022) “Analisis Kinerja Ruas Jalan Berdasarkan Pertumbuhan Lalu Lintas Dan Kapasitas Jalan Menggunakan Pkji 2014 (Studi Kasus : Jalan Raya Kapas Panji, Pasar Padang Luar Kabupaten Agam). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_FARHAN_FURGANI_18323042_6366_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Jalan Raya Kapas Panji, Pasar Padang Luar merupakan salah satu jalan yang berada di Sumatera Barat, jalan ini merupakan salah satu jalan penghubung antar provinsi, jalan Raya Kapas Panji adalah jalan nasional yang fungsinya yaitu jalan kolektor primer. Seiring waktu jumlah kendaraan yang melewati Jalan Raya Kapas Panji, Pasar Padang Luar mengalami peningkatan dan membuat kinerja Jalan menurun. Dengan adanya permasalahan tersebut maka penelitian ini dilakukan dengan tujuan mengetahui kinerja ruas jalan untuk lima tahun kedepan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data perhitungan volume kendaraan, waktu tempuh kendaraan dan data pertumbuhan penduduk lima tahun terakhir untuk mendapatkan tingkat pertumbuhan penduduk yang dipakai untuk tingkat pertumbuhan kendaraan lima tahun kedepan. Data-data tersebut diperlukan untuk menganalisis kinerja jalan dan tingkat pelayanan jalan pada ruas Jalan Raya Kapas Panji, Pasar Padang Luar. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut: volume kendaraan terbanyak yaitu pada hari Sabtu sebanyak 1854 skr/jam. Kapasitas ruas jalan Raya Kapas Panji sebesar 2852 skr/jam sehingga didapatkan nilai derajat kejenuhan (DJ) untuk tahun 2022 sebesar 0,65 dan untuk tahun 2027 sebesar 0,70. Nilai (DJ) untuk lima tahun kedepan masih layak karena dalam PKJI 2014, standar maksimum nilai (DJ) bernilai 0,75 dan ketentuan Morlok tahun 1978 untuk nilai derajat kejenuhan 0,70 masih dalam point C. Maka untuk meningkatkan pelayanan ruas jalan tersebut diperlukannya alternatif-alternatif agar kecepatan untuk kondisi jalan tersebut bisa meningkat. Alternatif yang peneliti usulkan adalah memindahkan kegiatan pasar yang menggunakan badan jalan untuk melakukan kegiatan jual beli hanya di dalam pasar, alternatif kedua membuat larangan parkir Jalan Raya Kapas Panji, Pasar Padang Luar dari Simpang Empat Padang Luar sampai Pasar Padang Luar, alternatif ketiga membuat tempat pemberhentian sementara khusus untuk angkutan umum. Selanjutnya alternatif yang peneliti usulkan yaitu membuat jembatan layang pada dari Jalan Sutan Sjahrir hingga Jalan Raya Kapas Panji sepanjang 1,6 km untuk menghindari Pasar Padang Luar, sehingga kendaraan yang tidak berkepentingan pada Pasar Padang Luar bisa melewati jembatan layang tersebut untuk mengurangi volume kendaraan yang melewati Pasar Padang Luar untuk memperlancar lalu lintas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorOktaviani, OktavianiUNSPECIFIED
CorrectorAshar, FaisalUNSPECIFIED
CorrectorUtami, Risky IndraUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: KINERJA RUAS JALAN-PERTUMBUHAN LALU LINTAS
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil dan Bangunan - D3
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 May 2023 07:18
Last Modified: 19 May 2023 07:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43834

Actions (login required)

View Item View Item