Pengembangan Intrumen Five-Tier Multiple Choice pada Materi Gerak Parabola untuk Menilai Pemahaman Konsep Siswa SMA/MA kelas X

Wijaya, Tomi Putra (2022) Pengembangan Intrumen Five-Tier Multiple Choice pada Materi Gerak Parabola untuk Menilai Pemahaman Konsep Siswa SMA/MA kelas X. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_TOMI_PUTRA_WIJAYA_18033177_551_2022.pdf

Download (373kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran fisika dalam Kurikulum 2013 adalah ercapainya pemahaman konsep pada setiap materi fisika. Fakta yang ditemukan di lapangan adalah guru belum melakukan penilaian pemahaman konsep, adanya miskonsepsi, dan belum tersedianya instrumen tes untuk menilai pemahaman konsep siswa di sekolah. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah mengembangkan Instrumen five-tier multiple choice pada materi gerak parabola. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan karakteristik, validitas isi, praktikalitas, validitas butir soal, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda intrumen five-tier multiple choice pada materi gerak parabola untuk menilai pemahaman konsep siswa SMA/MA kelas X. Penelitian yang dilakukan termasuk jenis penelitian development research menggunakan model Plomp. Penelitian dilakukan sampai pada tahap uji coba soal (field test). Objek pada penelitian adalah instrumen five-tier multiple choice. Sumber data validitas isi diperoleh dari hasil validasi tenaga ahli oleh dosen Fisika FMIPA UNP. Sumber data kepraktisan one to one, hasil validitas butir soal, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda diperoleh dari hasil uji coba instrumen terhadap siswa kelas X SMAN 1 Padang dan SMAN 12 Padang. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah lembar uji validitas, lembar uji praktikalitas, dan instrumen five-tier multiple choice. Teknik analisis data untuk validasi instrumen dan produk mengunakan V Aiken, kepraktisan produk menggunakan rumus persentase, dan validitas butir soal, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics. Berdasarkan preliminary research diperoleh permasalahan miskonsepsi pada materi gerak parabola, guru jarang melakukan penilaian pemahaman konsep dan tidak tersedianya intrumen tes untuk menilai pemahaman konsep di sekolah. Pada Develop or Prototyping Phase telah didesain instrumen five-tier multiple choice pada materi gerak parabola. Hasil self-evaluation diperoleh dengan kriteria sangat baik. Hasil uji validitas instrumen diperoleh secara keseluruhan dengan kategori validitas tinggi. Hasil uji kepraktisan one to one diperoleh nilai rata-rata sebesar 84,55 dengan kategori sangat praktis. Hasil uji coba soal diperoleh bahwa instrumen valid, reliabel, serta memiliki tingkat kesukaran dan daya beda yang baik. Jadi, disimpulkan bahwa instrumen five-tier multiple choice pada materi gerak parabola valid, praktis, dan memiliki validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda yang baik dalam menilai pemahaman konsep siswa pada materi gerak parabola.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorMurtiani, MurtianiUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 19 May 2023 04:29
Last Modified: 19 May 2023 04:29
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43833

Actions (login required)

View Item View Item