Optimalisasi Biaya Transportasi dan Rute Pengiriman Menggunakan Metode Clark and Wright Saving Heuristic di PT Panay Farmalab

Faradilla, Thessa (2022) Optimalisasi Biaya Transportasi dan Rute Pengiriman Menggunakan Metode Clark and Wright Saving Heuristic di PT Panay Farmalab. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_THESSA_FARADILLA_17030058_1302_2022.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Distribusi merupakan salah satu aspek pemasaran, dimana pendistribusian yang efektif salah satu faktor untuk mencapai kepuasan konsumen. Agar proses distribusi berjalan lancar maka perusahaan harus mampu membuat strategi-strategi distribusi dengan pengoptimalan rute pengiriman serta biaya distribusi rendah. PT Panay Farmalab perusahaan distributor farmasi dan alat kesehatan yang melakukan pendistribusian produk di wilayah Kota Padang. PT Panay Farmalab dalam pengoptimalannya dibutuhkan metode transportasi untuk meminimumkan biaya distribusi serta rute pengiriman yaitu Clark and Wright Saving Heuristic. Metode ini bertujuan untuk menentukan rute distribusi dengan jarak tempuh serta biaya distribusi minimum. Tujuan penelitian untuk menentukan rute pendistribusian barang serta meminimumkan biaya transportasi di PT Panay. Permasalahan rute termasuk kedalam Vehicle Routing Problem(VRP) yaitu permasalahan dalam merancang rute optimal dari suatu depot ke konsumen. Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) adalah salah satu variasi dari VRP dengan menambahkan kendala kapasitas kendaraan. Jenis penelitian ini penelitian terapan. Data yang digunakan penelitian ini adalah data sekunder seperti data permintaan, data kapasitas mobil dan data biaya transportasi. Pada penelitian ini teori yang digunakan yaitu teori optimasi, teori metode transportasi, teori graf, dan metode Clark and Wright Saving Heuristic untuk menyelesaikan masalah optimasi biaya distribusi dan rute pengiriman produk. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa biaya transportasi pendistribusian barang di PT Panay Farmalab menggunakan metode Clarkand Wright Saving Heuristic dapat meminumkan biaya sebesar 20,61% serta dapat mengoptimalkan jarak tempuh pada minggu pertama sebesar 16,22%, minggu kedua sebesar 8,6 %, minggu ketiga sebesar 12,01%, dan minggu keempat sebesar 34,1%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAhmad, DefriUNSPECIFIED
CorrectorMurni, DewiUNSPECIFIED
CorrectorWinanda, Rara ShandyUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 19 May 2023 03:55
Last Modified: 19 May 2023 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43831

Actions (login required)

View Item View Item