Tindak Tututr Ekspresif dalam Film My Stupid Boss 2 Sutradara Upi Avianto dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Teks Drama

Ihsan, Muhammad I (2023) Tindak Tututr Ekspresif dalam Film My Stupid Boss 2 Sutradara Upi Avianto dan Implikasinya Terhadap Pembelajaran Teks Drama. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Muhammad_Ihsan_19016032_1948_2023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pertama, mendeskripsikan bentuk tindak tutur ekspresif dalam film My Stupid Boss 2 yang disutradarai oleh Upi Avianto. Kedua, mendeskripsikan strategi bertutur dalam film My Stupid Boss 2 yang disutradarai Upi Avianto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah kalimat tuturan ekspresif penutut dan mitra tutur, serta strategi bertutur dalam film My Stupied Boss 2 Sutradara Upi Avianto. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Simak Bebas Libat Cakap (SBLC), catat, dan rekam. Pertama, mentranskrip tindak tutur ekspresif dalam film series Layangan Putus karya Mommy ASF. Kedua, menginventariskan tindak tutur ekspresif dan strategi bertutur apa saja yang digunakan dalam film My Stupied Boss 2 Sutradara Upi Avianto. Ketiga, mengklasifikasikan data berdasarkan tindak tutur ekspresif dan strategi bertuturnya. Keempat, melakukan penyimpulan terhadap data berdasarkan hasil penganalisisan data. Hasil penelitian ini terdiri atas dua. Pertama, pada film My Stupied Boss 2 Sutradara Upi Avianto ditemukan delapan struktur tindak tutur ekspresif, yaitu (1) tindak tutur memuji sebanyak 21 tuturan, (2) tindak tutur mengucapkan terima kasih sebanyak 5 tuturan, (3) tindak tutur mengkritik sebanyak 54 tuturan, (4) tindak tutur mengeluh sebanyak 43 tuturan, (5) tindak tutur menyalahkan sebanyak 56 tuturan, (6) tindak tutur mengucapkan selamat sebanyak 10 tuturan, (7) tindak tutur mengucapkan maaf sebanyak 5 tuturan, dan (8) tindak tutur menyindir sebanyak 17 tuturan. Kedua, pada film My Stupied Boss 2 Sutradara Upi Avianto ditemukan limastrategi bertutur, yaitu (1) bertutur terus terang tanpa basa-basi sebanyak 131 tuturan, (2) bertutur dengan kesantunan positif 23 tuturan, (3) bertutur dengan basi-basi kesantunan negatif sebanyak 39 tuturan, (4) bertutur samar-samar sebanyak 16 tuturan, dan (5) bertutur dalam hati sebanyak 2 tuturan. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa tuturan dalam film Stupied Boss 2 Sutradara Upi Avianto banyak menggunakan tindak tutur ekspresif menyalahkan dan strategi bertutur yang paling dominan adalah strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi. Penelitian ini diimplikasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada teks drama kelas XI semester genap.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNoveria, EnaUNSPECIFIED
CorrectorTressyalina, TressyalinaUNSPECIFIED
CorrectorEmidar, EmidarUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 May 2023 03:54
Last Modified: 19 May 2023 03:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43830

Actions (login required)

View Item View Item