Efektivitas Pembelajaran dengan Model Blended Learning pada Mata Kuliah Gambar Bestek Bangunan

Aguva, Diviana (2022) Efektivitas Pembelajaran dengan Model Blended Learning pada Mata Kuliah Gambar Bestek Bangunan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_DIVIANA_AGUVA_16061030_7431_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari penyebaran virus Covid-19 yang menyebabkan sistem pendidikan yang awalnya segala proses pembelajaran dilakukan secara tatap muka berubah menjadi model pembelajaran blended learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran dengan model blended learning pada mata kuliah gambar bestek bangunan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2020 yang telah melaksanakan mata kuliah gambar bestek bangunan dengan model blended learning sebanyak 32 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebar angket penelitian berupa link yang dibuat pada Google Form yang selanjutnya dibagikan melalui Whatsapp. Teknik analisis data pada penelitian ini adalah verifikasi data dan analisis deskriptif dengan menggunakan Microsoft Office Excel dan SPSS versi 17.0. Berdasarkan hasil penelitian Efektivitas Pembelajaran dengan Model Blended Learning pada Mata Kuliah Gambar Bestek Bangunan termasuk cukup efektif dengan Derajat Pencapaian (DP) dari dua indikator sebesar 71,35%. Hal ini berarti tingkat efektivitas pada proses pembelajaran pada mata kuliah gambar bestek bangunan dinilai cukup efektif dengan menggunakan model blended learning

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBody, RevianUNSPECIFIED
CorrectorRizal, FahmiUNSPECIFIED
CorrectorYandra, MuviUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN DENGAN MODEL BLENDED LEARNING
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 19 May 2023 03:54
Last Modified: 19 May 2023 03:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43828

Actions (login required)

View Item View Item