Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Langkah Polya Di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Enam Lingkung

Muharnida, Tessy (2022) Analisis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Langkah Polya Di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Enam Lingkung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_TESSY_MUHARNIDA_17029047_45_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah matematika merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai oleh peserta didik. Akan tetapi, di kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Enam Lingkung masih tergolong rendah sehingga banyak peserta didik yang melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal pemecahan masalah. Kesalahan yang dilakukan peserta didik perlu diidentifikasi guna meningkatkan mutu kegiatan pembelajaran dengan melakukan penelitian untuk menganalisis kesalahan peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Enam Lingkung dengan tujuan untuk mengetahui jenis kesalahan paling dominan yang dilakukan peserta didik dalam meneyelesaikan soal-soal pemecahan masalah matematika pada materi Program Linear dan mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesalahan tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 1 Enam Lingkung tahun pelajaran 2021/2022 yang dilaksanakan pada bulan Agustus-September 2021. Data diperoleh dari hasil observasi, tes tertulis pada materi Program Linear dan wawancara. Pada penelitian ini teknik analisis data menggunakan langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pada hasil penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa jenis kesalahan yang paling dominan dilakukan peserta didik adalah kesalahan merencanakan penyelesaian masalah yaitu dengan persentase sebesar 36,42%. Sedangkan jenis kesalahan lainnya yaitu kesalahan memahami masalah sebesar 7,85%, kesalahan melaksanakan rencana pemecahan masalah sebesar 18,57%, dan kesalahan memeriksa kembali solusi yang diperoleh sebanyak 23,57%. Penyebab terjadinya kesalahan-kesalahan yang dilakukan peserta didik tersebut adalah tidak terbiasa membahas atau mengerjakan soal-soal pemecahan masalah matematika, terburu-buru, merasa panik sehingga ada beberapa langkah yang terlupa untuk dibuat, kurang menguasai materi, kurang fokus dan ceroboh dalam mengerjakan soal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorTasman, FridgoUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 19 May 2023 03:21
Last Modified: 19 May 2023 03:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43824

Actions (login required)

View Item View Item