Pengembangan CD Pembelajaran Interaktif Berbasis Konstruktivisme Berbantuan Macromedia Flash 8 Pada Materi Geometri SMP

Kurnia, Tesi (2022) Pengembangan CD Pembelajaran Interaktif Berbasis Konstruktivisme Berbantuan Macromedia Flash 8 Pada Materi Geometri SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_TESI_KURNIA_17029046_28_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran yang ada di sekolah belum memfasilitasi peserta didik untuk belajar aktif. Oleh sebab itu dikembangkan CD pembelajaran interaktif berbasis konstruktivisme pada materi geometri SMP untuk memfasilitasi peserta didik dalam belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian desain. Model dalam penelitian ini adalah model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan, yaitu preliminary research, development or prototyping phase, dan assessment phase. Pada tahap preliminary research dilaksanakan analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum, dan analisis konsep. Pada tahap development or prototyping phase, produk dirancang menggunakan aplikasi macromedia flash 8. Selanjutnya produk akan dievaluasi sendiri atau self evaluation sebelum dilaksanakan expert reviews untuk mendapatkan kriteria valid. Setelah produk dinyatakan valid, dilaksanakan one to one evaluation dan small group evaluation. Hasil analisis angket validitas diperoleh persentase sebesar 87,89% dengan kategori sangat valid. Hasil analisis angket respon peserta didik pada one to one evaluation diperoleh persentase 90,83% dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis angket pada small group evaluationoleh peserta didik diperoleh persentase 91,67% dengan kategori sangat praktis dan oleh pendidik diperoleh persentase 90,90% dengan kategori sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa pengembangan CD pembelajaran interaktif berbasis konstruktivisme berbantuan macromedia flash 8 pada materi geometri SMP adalah valid dan praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYarman, YarmanUNSPECIFIED
CorrectorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorHarisman, YulyantiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 19 May 2023 02:44
Last Modified: 19 May 2023 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43820

Actions (login required)

View Item View Item