Meta Analisis Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Hasil Fisika Siswa

Sagita, Tasya (2022) Meta Analisis Pengaruh Media Pembelajaran terhadap Hasil Fisika Siswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_TASYA_SAGITA_17033043_791_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran menjadi solusi dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian mengenai media pembelajaran telah banyak dilakukan dalam pembelajaran fisika. Hasil dari berbagai penelitian yang dilakukan sebelumnya menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Namun belum ada penelitian untuk melihat pengaruh media tersebut dalam skala yang lebih besar. Oleh karena itu, diperlukan metode yang sesuai untuk menganalisis kembali dengan melakukan pengumpulan data statistik dari penelitian sebelumnya menggunakan pengukuran effect size pada pengaruh media pembelajaran. Metode yang tepat untuk melakukan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode meta analisis. Jenis penelitian yang dilakukan adalah meta analisis. Metode meta analisis merupakan penelitian menggunakan beberapa literatur yang telah ada dengan mengangkat permasalahan yang sejenis secara sistematis dan kuantitatif untuk memperoleh kesimpulan yang akurat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menghitung effect size menggunakan persamaan Cohen’s, berdasarkan rerata kelompok eksperimen dan kontrol, standard deviasi, jumlah sampel dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang telah dilakukan mengungkapkan bahwa, penerapan media pembelajaran terhadap hasil belajar fisika siswa secara keseluruhan memberikan pengaruh dan efektif untuk diterapkan pada pembelajaran fisika. Dilihat dari nilai summary effect size sebesar 1,083 dalam kategori tinggi. Media pembelajaran memberikan pengaruh yang signifikan dilihat dari materi pelajaran, jenis media yang digunakan dan tingkatan. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media dalam pembelajaran fisika sangat berpengaruh dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorFestiyed, FestiyedUNSPECIFIED
CorrectorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Wahyuni SatriaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 17 May 2023 14:37
Last Modified: 17 May 2023 14:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43809

Actions (login required)

View Item View Item