Ananda, Amelia (2022) Muatan Nilai-Nilai Moderasi Beragama dalam Buku Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD Kelas Rendah. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
|
Text
B_07_AMELIA_ANANDA_18329098_5324_2022.pdf Download (873kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui muatan nilai-nilai moderasi beragama dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD kelas rendah. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode content analysis (analisis isi) dalam menganalisis data. Sumber data dari penelitian ini berasal dari data-data primer dan sekunder. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan studi dokumentasi untuk menelaah dan memahami sumber-sumber terkait masalah penelitian. Data yang dikumpulkan dari berbagai sumber kemudian dianalisis secara ilmiah dan mendalam untuk dideskripsikan. Secara keseluruhan hasil analisis menunjukkan bahwa nilai-nilai moderasi beragama yang termuat dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SD kelas rendah terdapat 7 nilai yaitu Lurus dan Tegas (i’tidal), Toleransi (tasamuh), Reformasi (ishlah), Musyawarah (syura), Kepeloporan (al-qudwah), Anti Kekerasan (al-la ‘unf), dan Cinta Tanah Air (al-muwathanah). Temuan hasil penelitian ini nantinya dapat digunakan sebagai data awal untuk mengangkat penelitian terkait pada tema-tema yang serupa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
||||||||||||
Uncontrolled Keywords: | MODERASI BERAGAMA, BUKU AJAR, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM | ||||||||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > L Education (General) |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1 | ||||||||||||
Depositing User: | Fitri Yelli | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 May 2023 04:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 May 2023 04:35 | ||||||||||||
URI: | http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43806 |
Actions (login required)
View Item |