Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Bermuatan Pendidikan Karakter pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA

Khodizah, Siti (2022) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Bermuatan Pendidikan Karakter pada Materi Sistem Ekskresi Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_3_SITI_KHODIZAH_17031041_2050_2022.pdf

Download (929kB) | Preview

Abstract

Tuntutan pendidikan karakter dapat ditemukan dalam kurikulum 2013, yaitu pada KI 1 dan KI 2. Namun, hal ini belum terlaksana sepenuhnya di SMAN 11 Sijunjung. Salah satu solusi yang dapat dilakukan ialah dengan pengembangan LKPD. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tingkat validitas dan praktikalitas LKPD bermuatan pendidikan karakter pada materi sistem ekskresi pada manusia yang dikembangkan untuk kelas XI SMA. Pengembangan LKPD ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Objek penelitian ini adalah LKPD bermuatan pendidikan karakter pada materi sistem ekskresi kelas XI SMA. Subjek dari penelitian ini terdiri dari validator dan peserta didik. Validator terdiri dari dua orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan seorang guru Biologi SMAN 11 Sijunjung. Subjek ujicoba penelitian ini adalah 17 peserta didik kelas XII SMAN 11 Sijunjung.Instrumen yang digunakan adalah lembar validitas dan praktikalitas produk. Data yang didapatkan dari hasil validitas dan praktikalitas dianalisis dengan statistik deskriptif. Berdasarkan penilaian yang telah dilakukan, dihasilkan LKPD bermuatan pendidikan karakter pada materi sistem ekskresi kelas XI SMA dengan rata-rata nilai validitas 96,85% dengan kriteria sangat valid. Produk ini dinilai sangat valid karena memenuhi aspek kelayakan isi 100%, kebahasaan 94,44%, penyajian 96,53%, dan kegrafikaan 96,43%. LKPD bermuatan pendidikan karakter ini juga menunjukkan kriteria sangat praktis 87,40%. Produk ini dinilai sangat praktis karena memenuhi aspek kemudahan penggunaan 85,54%, efisiensi waktu pembelajaran 87,50%, daya tarik 88,73%, dan manfaat 87,82%. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) bermuatan pendidikan karakter pada materi sistem ekskresi kelas XI SMA yang sangat valid dan sangat praktis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorHelendra, HelendraUNSPECIFIED
CorrectorYogica, RelsasUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 16 May 2023 04:24
Last Modified: 16 May 2023 04:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43794

Actions (login required)

View Item View Item