Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari di SMA Negeri 3 Painan dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya

Pertiwi, Fira (2023) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Seni Tari di SMA Negeri 3 Painan dengan Menggunakan Metode Tutor Sebaya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_FIRA_PERTIWI_18332035_2159_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar seni budaya (Tari) di SMA Negeri 3 Painan dengan menggunakan metode tutor sebaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa tes yang diadakan pada saat diakhir siklus. Tekik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi/pengamatan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode tutor sebaya pada pembelajaran seni tari di SMA Negeri 3 Painan. Dapat dilihat Pada indikator peniliaian aktivitas siswa pada siklus II sudah bagus setiap pertemuanya terlihat pada siklus II nilai rata-rata-rata aktivitas siswa yaitu 83.6%, dengan jumlah siswa yang tidak tuntas 7 Orang dan yang tuntas 23 orang. Dan dapat dilihat nilai kognitif siswa tuntas dengan persentase ketuntasan 80,33% dengan jumlah 25 siswa kriteria “tuntas” dan 5 orang siswa tidak tuntas dengan kriteria ketuntasan 16.66%. Dan dapat disimpulkan nilai rata-rata koognitif dan pisikomotorik di siklus II adalah 82,37. Maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanna pembelajaran dengan penerapan pembelajaran kooperatif tutor sebaya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSusmiarti, SusmiartiUNSPECIFIED
CorrectorYuliasma, YuliasmaUNSPECIFIED
CorrectorAsriati, AfifahUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 May 2023 03:41
Last Modified: 16 May 2023 03:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43788

Actions (login required)

View Item View Item