Hidayatunnisa, Hidayatunnisa
(2023)
Dampak Pelatihan Tari terhadap Rasa Percaya Diri
Siswa di MTsN 1 Kota Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan dampak pelatihan tari
terhadap rasa percaya diri siswa di MTsN 1 Kota Padang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif.
Instrumen utama dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan
instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera, data dalam penelitian ini
menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan
dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkahlangkah
menganalisis data adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data
dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik kelas VIII yang mengikuti
pelatihan tari dalam kegiatan ekstrakurikuler seni tari nampak memiliki sikap
percaya diri. Hal tersebut tercermin melalui aspek yang terwakili dengan beberapa
indikator yaitu optimis, objektif, dan tanggung jawab. Berikut berupa aspek serta
indikator yang dimaksud, pertama yaitu aspek optimis terlihat dari indikator
idealis penuh harapan dan pasti. Kedua, aspek objektif terlihat dari indikator tidak
memihak, adil dan terbuka. Ketiga, aspek tanggung jawab terlihat dari indikator
mampu menyelesaikan tugas dan janji. Berdasarkan hasil analisis data, maka
dampak rasa percaya diri siswa dan adanya pelatihan tari dalam kegiatan
ekstrakurikuler di MTsN 1 Kota Padang terjadinya peningkatan yang dipengaruhi
oleh indikator yang diteliti yaitu siswa yang mengalami sikap optimis, siswa yang
mengalami sikap objektif dan siswa yang mengalami sikap tanggung jawab. Maka
dapat disimpulkan bahwa pelatihan tari yang dilakukan mampu meningkatkan
rasa percaya diri siswa.
Actions (login required)
|
View Item |