Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IX SMP di Negeri 17 Kerinci

Lizana, Ainay (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IX SMP di Negeri 17 Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_AINAY_LIZANA_18029002_7700_2022.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal dapat menjadi salah satu indikator keberhasilan dari suatu proses pembelajaran. Namun kenyataannya, dilihat dari hasil observasi pada nilai PTS ditemukan bahwa hasil belajar matematika peserta didik kelas VIII SMP Negeri 17 Kerinci tahun pelajaran 2021/2022 masih rendah. Salah satu upaya mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping dalam proses pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika peserta didik yang belajar menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping lebih baik daripada hasil belajar matematika peserta didik yang belajar menggunakan pembelajaran konvensionaldi kelas IX SMP Negeri 17 Kerinci. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian quasy-eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan The Static Group Design. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 17 Kerinci tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan kelas sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling yaitu menggunakan sistem undian. Dari hasil pengundian, terambil kelas IX B sebagai kelas eksperimen dan kelas IX C sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan menggunakan nilai tes hasil belajar matematika yang dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji t. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping dapat meningkatkan hasilbelajar matematika peserta didik .Berdasarkan hasil analisis data, pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t diperoleh P-value=0,039, karena P-value<α=0,05 maka H0 tolak. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaranKooperatifTipeMind Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik, dimana hasil belajar peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping lebih baik daripada yang belajar dengan pembelajaran konvensional pada kelas IX SMP Negeri 17 Kerinci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorElniati, SriUNSPECIFIED
CorrectorAziz, Saddam AlUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 16 May 2023 03:09
Last Modified: 16 May 2023 03:09
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43786

Actions (login required)

View Item View Item