Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Rao Selatan

Yulanda, Sisi (2022) Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII SMPN 1 Rao Selatan. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_1_SISI_YULANDA_16029032_1822_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika yang diharapkan pada Sekolah Menengah Pertama yaitu peserta didik memiliki kemampuan komuniaksi yang baik. Namun, hasil tes yang dilakukan di SMPN 1 Rao Selatan, menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis peserta didik masih rendah. Hal ini disebabkan, peserta didik terbiasa mengerjakan soal sesuai dengan contoh soal yang diberikan dan pembelajaran yang digunakan kurang mampu meningkatkan kemampuan komunikasi matematis mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan aktivitas yang berkaitan dengan aspek kemampuan komunikasi matematis peserta didik dan membandingkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik kelas VIII SMPN 1 Rao Selatan setelah diterapkan model Problem Based Learning. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-expremental dengan rancangan One Group Pretest-Postest Design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Rao Selatan Tahun Pelajaran 2021/2022. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah sampel jenuh, yaitu diambil satu kelas penuh, sehingga terpilih kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen. Data yang diperoleh dianalisis dengan Uji t. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan komunikasi matematis peserta didik, diperoleh P-value = 0,000 kurang dari = 0,05; artinya kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajarannya dengan penerapan model Problem Based Learning lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang pembelajarannya tidak menggunakan model Problem Based Learning pada kelas VIII SMPN 1 Rao Selatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMirna, MirnaUNSPECIFIED
CorrectorMusdi, EdwinUNSPECIFIED
CorrectorArmiati, ArmiatiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 16 May 2023 02:14
Last Modified: 16 May 2023 02:20
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43783

Actions (login required)

View Item View Item