Pengaruh Pendekatan STEM Berbantuan Mind Map Menggunakan Mindmaster terhadap Higher Order Thinking Skill dan Literasi Sains siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 4 Kerinci

Santosa, Tomi Apra (2022) Pengaruh Pendekatan STEM Berbantuan Mind Map Menggunakan Mindmaster terhadap Higher Order Thinking Skill dan Literasi Sains siswa pada Pembelajaran Biologi Kelas X SMA Negeri 4 Kerinci. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_TOMI_APRA_SANTOSA_20177015_6358_2022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pendekatan STEM Berbantuan Mind Map Menggunakan Mindmaster dengan melihat Higher Order Thinking Skill dan Literasi Sains siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi-exsperimen (eksperimen semu) dengan model Random Control Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 4 Kerinci yang terdaftar tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yang diperoleh kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan Kelas X MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis dengan soal Higher Order Thinking Skill dan Literasi Sains. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji hipotesis dengan uji-T menggunakan sofware SPSS versi 16. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1) adanya pengaruh yang signifikan pendekatan Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) berbantuan Mind Map terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS), dimana nilai rata-rata Higher Order Thinking Skill (HOTS) siswa kelas eksperimen sangat tinggi yaitu 85.17 sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata Higher Order Thinking Skill (HOTS) yaitu 71.17. 2) adanya pengaruh pendekatan STEM berabntuan Mind Map terhadap literasi sains siswa pada pembelajaran biologi kelas X SMA N 4 Kerinci dimana nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dengan nilai rata-rata 76.48 dibandingkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 60.03 untuk materi fungi. 3) Terdapat interaksi antara penerapan pendekatan STEM berbantuan Mind Map terhadap Higher Order Thinking Skill (HOTS) dan literasi siswa pada pembelajaran biologi kelas X SMA Negeri 4 Kerinci.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRazak, AbdulUNSPECIFIED
CorrectorLufri, LufriUNSPECIFIED
CorrectorIrdawati, IrdawatiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN STEM, LITERASI SAINS
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QR Microbiology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 May 2023 02:14
Last Modified: 16 May 2023 02:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43780

Actions (login required)

View Item View Item