Ananda, Riski Puspita
(2022)
Pengaruh Corporate Image terhadap
Keputusan Pembelian Jasa Kamar
di Hotel Pangeran City Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
corporate image terhadap keputusan pembelian jasa kamar di Hotel Pangeran
City Padang. Penulis membahas beberapa masalah, yaitu occupancy yang tidak
stabil 6 bulan terakhir Januari – Juni 2022, selanjutnya adanya pembatalan
reservasi yang dilakukan oleh tamu, adanya tamu yang membandingkan fasilitas
yang diberikan Hotel Pangeran City Padang dengan Fasilitas yang diberikan
Hotel Pangeran Beach Padang, banyak tamu yang tidak mengetahui Hotel
Pangeran City Padang hanya mengetahui Hotel Pangeran Beach Padang, dan
adanya keluhan tamu tentang pelayanan yang diberikan oleh Hotel Pangeran City
Padang sangat jelek dibandingkan pelayanan yang diberikan oleh Hotel Pangeran
Beach Padang
Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode Assosiatif kausal. Variabel
yang terlibat dalam penelitian ini adalah corporate Image (X) dan keputusan
pembelian jasa kamar (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang pernah
menginap di Hotel Pangeran City Padang. Responden penlitian ini berjumlah 98
orang yang di peroleh dengan teknik sampel non probability sampling dengan
teknik Purposive sampling,. Jenis data menggunakan data primer dan data
sekunder. Pengumpulan data menggunakan komunikasi tidak langsung atau
menyebarkan angket. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner (angket)
yang disusun menurut skala likert. Uji coba instrumen dilakukan dengan cara uji
validitas dan uji reabilitas. Langkah-langkah menganalisis data statistik dasar
hasil penelitian dan deskripsi data. Uji persyaratan analisis menggunakan uji
normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas.
Hasil penelitian ini adalah Corporate Image di Hotel Pangeran City
Padang menunjukan secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik dengan
persentase 86,7%.dan keputusan pembelian jasa kamar termasuk dalam baik
dengan persentase 66,3%. Hasil uji normalitas pada penelitian ini 0.085. Hasil uji
homogenitas pada tabel di atas, diperoleh nilai sig adalah 0.338. Hasil uji
linearitas di atas, diperoleh nilai signifikan 0.538. Hasil uji regresi linear
sederhana diperoleh nilai F sebesar 28.041 dengan taraf signifikansi sebesar
0.001 <0.05. Diperoleh nilai t sebesar 5.295 dengan taraf signifikansi 0.000 <
0.05. diperoleh nilai R Square sebesar 0.226, artinya kontribusi variabel X
terhadap variabel Y adalah sebesar 22.6% Sedangkan 77,4% dipengaruhi oleh
faktor lain
Actions (login required)
|
View Item |