Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP Kelas VIII

Yuswar, Tarinur (2022) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik SMP Kelas VIII. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_TARINUR_YUSWAR_18205070_5008_2022.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika yang harus dikuasai siswa adalah kemampuan pemecahan masalah. Namun kenyataannya dilapangan siswa masih kesulitan dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis discovery learning yang valid, praktis dan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Oleh sebab itu, dirancanglah suatu perangkat pembelajaran berbasis Discovery Learning yang diharapkan nantinya dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan mengadaptasi model pengembangan Plomp. Plomp terdiri dari 3 tahap, yaitu preliminary research, prototype phase, dan assessment phase. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMPN 34 Padang. Pada tahap preliminary research dilakukan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis karakteristik peserta didik, dan analisis konsep. Pada tahap prototype dilakukan perancangan RPP dan LKPD berbasis discovery learning, kemudian dilakukan evaluasi formatif untuk menentukan kevalidan dan kepraktisan produk. Pada tahap assesment dilakukan penilaian dengan uji praktikalitas dan efektivitas secara terbatas. Data praktikalitas diperoleh dari lembar keterlaksanaan RPP, angket praktikalitas guru, angket praktikalitas peserta didik. Data efektivitas diperoleh dari hasil belajar peserta didik berupa tes akhir untuk melihat kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ini valid dan praktis. Valid karena telah memenuhi kriteria valid dari segi isi dan konstruk. Praktis karena mudah digunakan dan dipahami, alokasi yang ditentukan sangat efisien, menarik, dan berkontribusi terhadap pembelajaran. Efektif dari segi dampak potensialnya terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAsmar, AliUNSPECIFIED
CorrectorYerizon, YerizonUNSPECIFIED
CorrectorI Made, ArnawaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: DISCOVERY LEARNING, PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 May 2023 02:13
Last Modified: 16 May 2023 02:13
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43775

Actions (login required)

View Item View Item