Pengembangan Instrumen Tes Two-Tier Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berbasis IBT Pada Materi Titrasi Asam Basa untuk Siswa SMA/MA

Suri, Shiva Atika (2022) Pengembangan Instrumen Tes Two-Tier Higher Order Thinking Skills (HOTS) Berbasis IBT Pada Materi Titrasi Asam Basa untuk Siswa SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_SHIVA_ATIKA_SURI_17035042_1447_2022.pdf

Download (842kB) | Preview

Abstract

Perkembangan kompetensi pada abad 21 mengharuskan peserta didik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi agar mempunyai bekal dalam mengahadapi era modern. Dalam era ini, teknologi dan informasi berkembang sangat cepat. Penggunaan internet merupakan salah satu media dalam proses pembelajaran, termasuk dalam evaluasi pembelajaran berbasis internet atau internet based test (IBT). Higher Order Thinking Skills (HOTS) adalah proses berpikir tingkat tinggi yang mengharuskan peserta didik untuk menganalisis suatu masalah dengan cara berpikir kritis, kreatif, dan inovatif. Kompetensi dalam kurikulum 2013 telah menerapkan proses berpikir secara HOTS. Salah satu kompetensi dasar yang menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik pada pembelajaran kimia yaitu pada materi titrasi asam basa. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah agar dapat menghasilkan intrumen tes two-tier Higher Order Thinking Skills (HOTS) berbasis IBT pada materi titrasi asam basa yang valid dan reliabel serta memiliki tingkat analisis butir soal yang baik. Jenis penelitian ini yaitu R&D dengan menggunakan model Treagust yang mempunyai 3 tahapan yaitu penentuan isi, mendapatkan informasi mengenai peserta didik terkait instrumen yang dikembangkan, dan mengembangkan tes diagnostik. Teknik analisis validitas isi menggunakan metode CVR serta validitas konstruk menggunakan Aiken V yang divalidasi oleh 6 orang ahli yaitu 3 orang dosen kimia FMIPA UNP dan 3 orang guru kimia. Berdasarkan hasil penelitian, Nilai CVR validitas isi yang terdiri dari stimulus soal, pertanyaan soal, jawaban soal serta alasan soal yaitu 1, hasil validitas isi berupa pernyataan pengetahuan preposisi dan peta konsep yaitu 1. Nilai validitas konstruk yang terdiri atas aspek materi, penyajian, Bahasa, dan aturan tambahan berturut- turut sebesar 0.95, 0.95, 0.97, 0.98. Instrumen tes memiliki tingkat reliabilitas first tier 0,89 dan second tier 0,90. Hasil menunjukkan bahwa instrumen tes yang dikembangkan sudah valid dan memiliki kualitas instrumen tes yang baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAndromeda, AndromedaUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
CorrectorYerimadesi, YerimadesiUNSPECIFIED
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 15 May 2023 08:14
Last Modified: 15 May 2023 08:14
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43770

Actions (login required)

View Item View Item