Pengembangan Media Video Pembelajaran Perawatan Pedicure Spa di SMK N 6 Padang

Khairunnisa, Mudhia (2022) Pengembangan Media Video Pembelajaran Perawatan Pedicure Spa di SMK N 6 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_MUDHIA_KHAIRUNNISA_18078047_6456_2022.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pada zaman serba teknologi seperti saat ini, video merupakan bentuk nyata dari perkembangan zaman yang terus terjadi, begitu juga dengan perkembangan teknologi media pembelajaran memberikan kemungkinan yang berpengaruh dalam mengubah cara belajar seseorang untuk mendapatkan informasi, tidak luput juga media pembelajaran yang ada di SMK N 6 Padang. Terdapat beberapa permasalahan yang ditemukan peneliti dalam pembelajaran di SMK N 6 Padang karena media pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa kurang minat dan monoton dalam proses pembelajaran sebab belum tersedianya media video untuk materi pembelajaran perawatan pedicure spa yang valid, praktis dan efektif, maka dalam penelitian ini akan dilakukan pengembangan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran video pada materi pembelajaran perawatan pedicure spa serta mengetahui tingkat validitas, praktikalitas dan efektifitas media pembelajaran video pada materi pembelajaran perawatan pedicure spa di SMK N 6 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Model penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model 4D merupakan singkatan dari Define, Design, Development and Disseminate. Instrumen yang digunakan berupa angket/kuesioner. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII KC 1 sebanyak 29 siswa di SMKN 6 Padang. Teknik analisis data yang diperoleh terbagi atas data validitas, praktikalitas dan efektifitas. Data validitas diperoleh dari lembar angket validasi, data praktikalitas diperoleh dari angket praktikalitas dan data efektifitas diperoleh dari hasil tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil analisis data validasi desain media video pembelajaran diperoleh skor rata-rata 0,76 dengan kategori valid dan hasil analisis data validasi materi diperoleh skor rata-rata 0,85 dengan kategori sangat valid. Hasil analisis data praktikalitas diperoleh skor rata-rata praktikalitas dari siswa kelas XII KC 1 88,1% dengan kategori sangat praktis dan skor rata-rata praktikalitas dari guru tata kecantikan adalah 94,5% dengan kriteria sangat praktis. Hasil analisis data efektivitas menunjukkan bahwa hasil pretest perawatan pedicure spa yang dilakukan pada siswa XII KC 1 memperoleh nilai dibawah KKM yaitu dengan rata-rata nilai 62,52 dengan kriteria efektif, sedangkan hasil posttest memperoleh nilai diatas KKM yaitu dengan rata-rata nilai 86,66 dengan kriteria sangat efektif. Rata-rata N-Gain Score pada siswa kelas XII KC 1 adalah 0,65 dengan kategori sedang. Hal ini membuktikan bahwa media tersebut efektif digunakan. Disarankan hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dalam pengembangan media pembelajaran berbasis video guna mempermudah guru dalam menyediakan materi pembelajaran dengan media video yang dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi yang disampaikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRahmiati, RahmiatiUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, MurniUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Siska MigaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN-PERAWATAN PEDICURE SPA
Subjects: R Medicine and Food > RA Public aspects of medicine
R Medicine and Food > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 May 2023 07:52
Last Modified: 15 May 2023 07:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43765

Actions (login required)

View Item View Item