Pengembangan Media Video Tutorial Rias Karakter Tiga Dimensi Efek Luka Robek di SMK N 7 Padang

Sari, Mira Purnama (2022) Pengembangan Media Video Tutorial Rias Karakter Tiga Dimensi Efek Luka Robek di SMK N 7 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_2_MIRA_PURNAMA_SARI_18078046_7445_2022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi media yang digunakan guru saat mengajar masih berupa buku dan jobsheet, dimana hal ini membuat kurangnya minat siswa untuk memperhatikan guru ketika menyampaikan materi karena guru hanya menggunakan media jobsheet dan siswa masih kesulitan memahami pembelajaran yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media video pada materi rias karakter tiga dimensi efek luka robek di SMK N 7 Padang, 2) mendeskripsikan tingkat kevalidan, keparktisan dan keefektifan media video pada materi rias karakter tiga dimensi efek luka robek di SMK N 7 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Model pengembangan media yang digunakan adalah model 4D yaitu pendefinisian (design), perancangan (define), pengembangan (development), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini dilakukan di SMK N 7 Padang. Subjek dalam penelitian ini ialah siswa kelas XII Program Keahlian Tata Kecantikan di SMK N 7 Padang. Subjek diambil dari satu kelas yang berjumlah sebanyak 33 orang yang diberikan pada mata pelajaran Perawatan Tangan, Kaki, Nail Art, Rias Wajah Khusu dan Kreatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Uji kevalidan diperoleh melalui lembar validasi berdasarkan dari penelitian validator ahli, sedangkan uji kepraktisan diperoleh dari penilaian instrumen angket respon guru dan siswa, dan uji keefektifan diperoleh dari perolehan nilai pretest dan posttest oleh siswa. Hasil penelitian berdasarkan hasil validasi media oleh ahli desain media sebesar 0,80 dengan kategori sangat valid dan untuk validasi materi 0,83 dengan kategori sangat valid, nilai praktikalitas didapatkan dari guru sebesar 94,8% dengan kategori sangat praktis, sedangkan peserta didik sebesar 85,4% dengan kategori sangat praktis dan nilai efektifitas dari peserta didik dengan perolehan skor prettest sebesar 46,36 dan diperoleh skor posttest sebesar 85,91 dan hasil uji N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,72 dengan kategori sangat efekif. Berdasarkan perolehan hasil tersebut, maka media pembelajaran video tutorial dapat dikatakan valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar. Adapun saran yang peneliti berikan terkait hasil penelitian ini, yaitu untuk dapat mengguakan media video pembelajaran ini sebagai referensi dalam pembelajaran di kelas, dan dapat memanfaatkan media video pembelajaran ini dengan baik untuk meningkatakan hasil belaja

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorYupelmi, MimiUNSPECIFIED
CorrectorAstuti, MurniUNSPECIFIED
CorrectorDewi, Siska MigaUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: MEDIA VIDEO TUTORIAL RIAS-KARAKTER TIGA DIMENSI EFEK LUKA ROBEK
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Pendidikan Tata Rias dan Kecantikan - D4
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 15 May 2023 07:41
Last Modified: 15 May 2023 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43764

Actions (login required)

View Item View Item