Praktikalitas dan Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint-i Spring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMA/MA

Silvianti, Shindy (2022) Praktikalitas dan Efektivitas Media Pembelajaran PowerPoint-i Spring Terintegrasi Pertanyaan Prompting pada Materi Titrasi Asam Basa Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_SHINDY_SILVIANTI_18035039_1795_2022.pdf

Download (893kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada materi titrasi asam basa. Penelitian ini merupakan lanjutan dari penelitian pengembangan Firia & Guspatni (2021). Pada penelitian sebelumnya telah diperoleh media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting yang valid . Model yang digunakan pada penelitian sebelumnya adalah model Plomp. Peneliti sebelumnya telah melakukan tahap preliminary research (tahapan pendahuluan) sampai tahap prototyping stage (pembentukan prototype 1,2 dan 3) sehingga penelitian ini dibatasi pada tahap small group yang bertujuan mengungkap kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting. Uji praktikalitas dilakukan terhadap 15 siswa kelas XI IPA dan 2 orang guru kimia di SMA Negeri 1 Lintau dan selanjutnya dilakukan uji efektivitas media pembelajaran PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting melalui penelitian pra eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah one-group pretest-posttest. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan bahwa: 1) Hasil praktikalitas oleh guru dan siswa diperoleh nilai 87% dan 83% dengan kategori sangat praktis menunjukkan media PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi titrasi asam basa kelas XI SMA/MA sangat praktis digunakan oleh siswa maupun guru didalam pembelajaran, 2) Media PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi titrasi asam basa kelas XI SMA/MA efektif dalam meningkatkan hasil belajar dengan nilai N-Gain 0,42 berada pada kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa, media PowerPoint-iSpring terintegrasi pertanyaan prompting pada materi titrasi asam basa praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorGuspatni, GuspatniUNSPECIFIED
CorrectorFitriza, ZonaliaUNSPECIFIED
CorrectorAini, Faizah QurrataUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 15 May 2023 04:53
Last Modified: 15 May 2023 04:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43759

Actions (login required)

View Item View Item