Octarini, Dwiza
(2023)
Struktur dan Diksi Teks Laporan Hasil Observasi Siswa
Kelas X SMA Negeri 12 Kerinci.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dua hal, yaitu (1)
mendeskripsikan struktur teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri
12 Kerinci, (2) mendeskripsikan penggunaan diksi ditinjau dari ketepatan,
kecermatan, dan keserasian dalam teks laporan hasil observasi siswa kelas X
SMA Negeri 12 Kerinci. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah
bagaimanakah struktur dan diksi teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA
Negeri 12 Kerinci. Teori yang berkaitan dengan penelitian ini adalah teori
mengenai teks laporan hasil observasi, yakni konsep dasar teks laporan hasil
observasi dan penganalisisan struktur dan diksi teks laporan hasil observasi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan
metode deskriptif. Latar penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 12 Kerinci,
tepatnya dikelas X IPA. Data penelitian ini berupa teks laporan hasil observasi,
yang di peroleh dari sumber data penelitian yaitu dokumentasi hasil tugas siswa
kelas X SMA Negeri 12 Kerinci yang berjumlah 21 teks laporan hasil observasi.
Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian in adalah studi
dokumentasi. Instrumen penelitian in adalah peneliti sendiri. Penganalisisan data
disesuaikan dengan alur penganalisisan data kualitatif yaitu dengan cara redukasi
data, penyajian data, dan verifikasi data.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan dua hal berikut. Pertama,
dalam menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 12 Kerinci
sebagian besar sudah menggunakan ketiga struktur teks. Ketiga struktur teks
tersebut, yaitu definisi umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Hal itu
terbukti dari 21 teks laporan hasil observasi yang telah dianalisis, terdapat 16 teks
laporan hasil observasi yang lengkap menggunakan ketiga struktur, yaitu definisi
umum, deskripsi bagian, dan deskripsi manfaat. Sebanyak 5 teks laporan hasil
observasi yang tidak lengkap menggunakan struktur. Kedua, jika dilihat dari
penggunaan diksi berdasarkan ketepatan, kecermatan, dan keserasian, siswa kelas
X SMA Negeri 12 Kerinci sudah baik. Dari sebanyak 3139 kata terdapat 12 kata
yang tidak tepat, 49 kata yang tidak cermat, dan 22 kata yang tidak serasi.
Actions (login required)
|
View Item |