Pengembangan Pelaku Ronggiang Pasaman di Group Ranah Sialang di Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat

Yosmadia, Diana (2023) Pengembangan Pelaku Ronggiang Pasaman di Group Ranah Sialang di Nagari Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_DIANA_YOSMADIA_18332032_2819_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Pelaku Ronggiang Pasaman di group Ranah Sialang di Kecamatan Lembah Melintang Nagari Ujung Gading Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif denga menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis, flashdisk dan kamera. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah reduksi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pelestarian yang dilakukan oleh peneliti adalah pengembangan pelaku di kenagarian Ujung Gading Kecamatan lembah Melintang Kabuaten Pasaman Barat dengan cara bekerjasama dengan ketua, penari dari Group Ranah Sialang dan masyarakat, bentuk dari kerjasama yang dilakukan oleh peneliti adalah mensosialisasikan tentang kegiatan pelestarian ini. Kesenian Ronggiang Pasaman sudah memiliki generasi penerus untuk dipertahankan keberadaannya dari kesenian tradisional. Dapat dibuktikan dengan pengembangan dari segi kuantitas jumlah pelaku (penari), dalam Kesenian Ronggiang Pasaman sebanyak 10 orang, disisi lain, tujuan dari upaya pelestarian ini diharapkan Kesenian Ronggiang Pasaman dapat terus tumbuh dan berkembang dikalangan pemuda maupun masyarakat sehingga masyarakat menyadari bahwa mereka memiliki sebuah tari tradisi yang patut dibanggakan dan perlunya usaha untuk melestarikan Kesenian Ronggiang Pasaman Di Kenagarian Ujung Gading Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat dari segi pengembangan pelaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDarmawati, DarmawatiUNSPECIFIED
CorrectorAsriati, AfifahUNSPECIFIED
CorrectorRosalina, VennyUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 May 2023 03:31
Last Modified: 15 May 2023 03:31
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43753

Actions (login required)

View Item View Item