Struktur Pertunjukan Tari Andun dalam Upacara Perkawinan di Desa Tumbuan Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu

Winanda, Dyantika Citra (2023) Struktur Pertunjukan Tari Andun dalam Upacara Perkawinan di Desa Tumbuan Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_06_DYANTIKA_CITRA_WINANDA_18332002_2670_2023.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengungkapkan dan mendeskripsikan struktur Tari Andun dalam Upacara Perkawinan di Desa Tumbuan Kecamatan Lubuk Sandi Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis dan kamera. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa struktur pertunjukan Tari Andun dalam upacara perkawinan tidak bisa dihilangkan atau di bolak-balik dalam penyaiannya. Dalam pertunjukannya harus ada beberapa orang atau perangkat penting seperti Penari, Tuo Kebung, Pemusik dan perangkat lainnya seperti alat musik, dan perlengkapan. Struktur pertunjukan Tari Andun dengan elemenelemen yang saling memilki hubungan antara satu dengan yang lainnya. misalnya dari segi unsur musik, jika dalam pertunjukan Tari Andun tidak adanya musik maka akan mempengaruhi penari. Kemudian ada juga dari unsur Pelaku, jika pelaku tidak ada maka gerak Tari Andun tidak dapat dilakukan dan pertunjukan tidak akan memiliki nilai estetika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorDesfiarni, DesfiarniUNSPECIFIED
CorrectorAsriati, AfifahUNSPECIFIED
CorrectorDarmawati, DarmawatiUNSPECIFIED
Subjects: M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 15 May 2023 02:54
Last Modified: 15 May 2023 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43751

Actions (login required)

View Item View Item