Studi Evaluasi Layanan Digital di SMKN 1 Karimun

Meliasari, Rizki (2022) Studi Evaluasi Layanan Digital di SMKN 1 Karimun. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_RIZKI_MELIASARI_20138048_4963_2022.pdf

Download (849kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi layanan digital yang dilaksanakan di SMKN 1 Karimun. Layanan digital yang dimaksud adalah pelaksanaan ujian digital dan layanan e-rapor. Perkembangan teknologi sejatinya harus dapat memberikan kemudahan bagi user yang menggunakan. Pengadaan layanan digital dalam dunia pendidikan memberikan kemudahan pengelolaan dan pelaksanaan yang dilakukan. Efektivitas layanan ujian digital memberikan solusi dari penggunaan kertas, tempat dan waktu yang biasa dibutuhkan dalam pelaksanaan ujian. E-rapor juga memberikan manfaat yang sama dan kelebihan lainnya, file nilai siswa akan disimpan pada database dan memudahkan guru dalam menganalisis hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode mix method. Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi. Mixed method merupakan pendekatan penelitian yang menggabungkan atau menghubungkan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah desain sequential explanatory. Model evaluasi yang digunakan yaitu model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Dalam hal ini peneliti mengevaluasi layanan digital di SMKN 1 Karimun yang ditinjau dari konteks, masukan, proses dan hasil. Langkah-langkah penelitian kombinasi model sequential explanatory pada tahap pertama pengumpulan data secara kuantitatif dan kemudian mengumpulkan data kualitatif untuk membantu menjelaskan atau menguraikan hasil kuantitatif. Hasil data kuantitatif akan memberikan gambaran umum tentang masalah pada penelitian ini. Selanjutnya secara lebih dalam dan spesifik melalui pengumpulan data kualitatif. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa pelaksanaan layanan digital yang diterapkan di SMKN 1 Karimun secara umum sudah berada pada kategori baik. Analisis secara konteks yang dijalankan sudah sesuai dengan rancangan dan tujuan layanan digital, namun demikian masih butuh peningkatan dari segi kontes untuk lebih dapat memberikan layanan yang maksimal. Analisis secara input mengungkapkan bahwa upaya penyediaan sarana dan prasarana telah diupayakan, namun seiring dengan banyaknya mata pelajaran yang menggunakan layanan ini dibutuhkan peningkatan baik dari segi server dan jaringan internet. Analisis secara proses, layanan digital sudah sangat baik. Kompetensi guru, siswa dan akses yang dapat dilakukan pada smartphone masing-masing user menjadikan efektif dan efisien dari layanan digital. Analisis secara produk, tampilan dan icon yang ada pada aplikasi sudah cukup jelas dan mudah dipahami. Sebagai tambahan pada layanan e-rapor adalah foto dan analisis perangkingan dari hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorMukhaiyar, RikiUNSPECIFIED
CorrectorHuda, AsrulUNSPECIFIED
CorrectorAmbiyar, AmbiyarUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: LAYANAN DIGITAL
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 May 2023 01:42
Last Modified: 15 May 2023 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43743

Actions (login required)

View Item View Item