Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Generatif pada Mata Kuliah Fisika Komputasi

Rosalina, Rosalina (2022) Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Generatif pada Mata Kuliah Fisika Komputasi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_ROSALINA_17033038_792_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fisika Komputasi merupakan mata kuliah wajib pada Program Studi Fisika. Mahasiswa harus mampu menguasai tiga aspek dalam proses pembelajaran Fisika Komputasi yaitu analisis numerik, algoritma dan coding data. Namun, ketiga aspek dalam proses pembelajaran Fisika Komputasi tidak mampu sepenuhnya dikuasai oleh mahasiswa, ini terlihat pada nilai mahasiswa tergolong rendah. Pada pembelajaran Fisika Komputasi diperlukan model pembelajaran yang dapat mengetahui pola berpikir mahasiswa serta memahami bagaimana mahasiswa dalam memecahkan masalah dengan baik. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Generatif. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran Generatif pada Mata Kuliah Fisika Komputasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fisika FMIPA UNP. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 46 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Fisika Komputasi Semester Januari-Juni 2021. Data pada penelitian ini diambil menggunakan instrumen analisis kebutuhan untuk mengembangan model pembelajaran Generatif pada mata kuliah Fisika Komputasi berupa angket yang diberikan kepada mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran Generatif pada mata kuliah Fisika Komputasi berdasarkan sintaks Orientasi sebesar 73.72% dengan kategori terlaksana dengan baik. Sintaks Pengungkapan ide sebesar 69% dengan kategori terlaksana dengan baik. Sintaks Tantangan dan rekonstruksi sebesar 70% dengan kategori terlaksana dengan baik. Sintaks Implementasi sebesar 73% dengan kategori terlaksana dengan baik. Sintaks Evaluasi sebesar 67% dengan kategori terlaksana dengan baik. Dengan demikian, keterlaksanaan model pembelajaran Generatif sebesar 71.28% terlaksana dengan baik dan memiliki pengaruh yang berbeda setiap sintaks yang diberikan, dan memiliki peningkatan terhadap hasil belajar mahasiswa Fisika Komputasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAkmam, AkmamUNSPECIFIED
CorrectorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 12 May 2023 08:40
Last Modified: 12 May 2023 08:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43740

Actions (login required)

View Item View Item