Pengaruh Volume Serat Pelapah Pisang sebagai Penguat Komposit Polimer dengan Matriks Resin Polyester Pada Penyerapan Bunyi Bahan Akustik

Fauziah, Rizka (2022) Pengaruh Volume Serat Pelapah Pisang sebagai Penguat Komposit Polimer dengan Matriks Resin Polyester Pada Penyerapan Bunyi Bahan Akustik. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_6_RIZKA_FAUZIAH_17034056_893_2022.pdf

Download (755kB) | Preview

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai pengaruh serat pelapah pisang sebagai penguat komposit polimer dengan matriks resin polyester pada penyerapan bunyi bahan akustik. Bahan penyerap bunyi yang dibuat dengan variasi volume serat pelapah pisang yang berbeda dengan resin polyester. Perbandingan volume serat pelapah pisang dan resin polyester yang digunakan yaitu 15% Serat : 85% Resin Polyester, 20% Serat : 80% Resin Polyester, 25% Serat : 75% Resin Polyester, 30% Serat : 70% Resin Polyester, 35% Serat : 65% Resin Polyester.Sehingga apabila dibuat komposit maka jumlah serat pelapah pisang yang digunakan dan resin polyester adalah 100%. Metode penelitian yang dilakukan yaitu metode tabung impedansi dimana diawali dengan pengambilan serat pelapah pisang, pembuatan komposit dan pengujian sifat penyerapan bunyi menggunakan tabung impedansi. Pengujian koefisien refleksi bunyi dan juga pengujian koefisien absorbsi bunyi dilakukan dengan menggunakan signal generator dan sound level meter dengan mengacu pada prinsis metode tabung impedansi melalui pendekatan box akustik. Pengaruh volume serat pelapah pisang terhadap nilai koefisien refleksi dan nilai koefisien absorbsi bunyi adalah jika semakin besar volume serat pelapah pisang yang digunakan maka nilai koefisien refleksinya akan semakin kecil dan jika nilai dari koefisien absorbsinya akan semakin besar dan begitu juga sebaliknya. Kemudian apabila semakin tinggi nilai frekuensi yang digunakan maka nilai koefisien refleksinya akan semakin rendah dan nilai koefisien absorbsinya akan semakin tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRamli, RamliUNSPECIFIED
CorrectorDarvina, YenniUNSPECIFIED
CorrectorRatnawulan, RatnawulanUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 12 May 2023 02:57
Last Modified: 12 May 2023 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43730

Actions (login required)

View Item View Item