Karakteristik Struktur dan Kebahasaan Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Padang

Putri, Aulia Rahma (2023) Karakteristik Struktur dan Kebahasaan Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_AULIA_RAHMA_PUTRI_19016078_1830_2023.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dua hal berikut. Pertama, mendeskripsikan struktur teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Kedua, mendeskripsikan kebahasaan teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuliatatif dengan menggunakan metode deskriptif. Latar penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 24 Padang, tepatnya di kelas VIII data dalam penelitian ini berupa teks berita dari sumber penelitian, yaitu teks berita siswa yang berjumlah 30 teks. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teknik pancing. Instrument penelitian ini adalah peneliti sendiri dan instrument unjuk kerja berupa konteks menulis teks berita. Teknik pengabsahan data pada penelitian ini adalah teknik deskriptif. Langkah-langkah penganalisisan data adalah pertama, mengindetifikasi struktur dan kaidah kebahasaan jurnalistik. Kedua, mengidentifikasi data sesuai dengan data acuan. Ketiga, melakukan analisis pada data. Keempat, menginterprestasi data yang sudah dianalisis. Kelima, menyimpulkan hasil deskripsi data dengan menulis laporan. Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, penulisan teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang ditinjau dari segi struktur teks berita berada pada kategori kurang tepat. Hal tersebut dapat dibuktikan dari 30 teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang terdapat 26 teks berita yang memiliki judul yang tepat, 19 teks berita yang memiliki kepala berita yang tepat, 24 teks berita yang memiliki tubuh berita yang tepat, dan 30 teks berita yang memiliki ekor berita yang tepat. Kedua, jika dilihat dari kebahasaannya, teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang sudah menggunakan keenam aspek kebahasaan teks berita dengan tepat. Hal tersebut dapat dibuktikan dari 30 teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang terdapat 2 teks berita yang tidak menggunakan aspek kebahasaan singkat dengan tepat, 0 teks berita tidak menggunakan aspek kebahasaan padat, 0 teks berita tidak menggunakan aspek kebahasaan sederhana, 0 teks berita tidak menggunakan aspek kebahasaan lugas, 5 teks berita tiak menggunakan aspek kebahasaan aspek menarik, dan 4 teks berita tidak menggunakan aspek kebahasaan jelas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disimpulkan bahwa. Pertama, struktur teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang belum tepat. Hal ini dikarenakan pada bagian struktur teks berita masih memiliki struktur yang tidak tepat. Kedua, kebahasaan teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang sudah tepat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorRasyid, YuliantiUNSPECIFIED
CorrectorNursaid, NursaidUNSPECIFIED
CorrectorHafrison, MohammadUNSPECIFIED
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 May 2023 02:57
Last Modified: 12 May 2023 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43729

Actions (login required)

View Item View Item