Persepsi Mahasiswa Teknologi Pendidikan dalam Penggunaan Google Scholar sebagai Sarana Penelusuran Informasi di Universitas Negeri Padang

Putri, Ayu Novita (2023) Persepsi Mahasiswa Teknologi Pendidikan dalam Penggunaan Google Scholar sebagai Sarana Penelusuran Informasi di Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_08_AYU_NOVITA_PUTRI_18234069_703_2023.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi mahasiswa Teknologi Pendidikan dalam menggunakan Google Scholar sebagai sarana penelusuran informasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Teknologi Pendidikan dengan sampel yang berjumlah 74 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik random sampling. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner sebagai data utama. Selain itu, teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu perhitungan menggunakan mean untuk menghitung rata-rata nilai, perhitungan grand mean digunakan untuk menghitung jumlah rata-rata setiap variabel. Hasil penelitian ini menunjukan pertama, mahasiswa Teknologi Pendidikan menggunakan Google Scholar dalam mencari bahan referensi. kedua, mahasiswa Teknologi Pendidikan mengerti dalam menggunakan Google Scholar dengan memanfaatkan fitur-fitur yang telah disediakan oleh Google Scholar. ketiga, mahasiswa Teknologi Pendidikan memanfaatkan fitur yang disediakan oleh Google Scholar dalam menelusuri informasi. keempat, semua jenis informasi yang tersedia pada Google Scholar dapat diakses secara bebas oleh mahasiswa Teknologi Pendidikan. Diukur dengan indikator persepsi yang dilihat dari kemudahan pengguna, berdasarkan hasil yang didapat dari seluruh hasil rata-rata jawaban responden yaitu: pada indikator easiness dengan skor rata-rata 2,97, skor ini termasuk pada kategori positif. Indikator clear and understandable dengan skor rata-rata 2,97, skor ini termasuk pada kategori positif. Indikator easy to learn dengan skor rata-rata 3,21, skor ini termasuk pada kategori positif. Indikator overall easiness dengan skor rata-rata 3,41, skor ini termasuk pada kategori sangat positif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorErlianti, GustinaUNSPECIFIED
CorrectorArdoni, ArdoniUNSPECIFIED
CorrectorNurizzati, NurizzatiUNSPECIFIED
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Perpustakaan dan Ilmu Informasi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 May 2023 02:10
Last Modified: 12 May 2023 02:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43720

Actions (login required)

View Item View Item