Perancangan Elemen Visual Board Game Tradisional Minangkabau Catua Rimau

Hakim, Arif Rahman (2023) Perancangan Elemen Visual Board Game Tradisional Minangkabau Catua Rimau. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_09_ARIF_RAHMAN_HAKIM_15027002_2458_2023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permainan atau Game merupakan sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang-senang, mengisi waktu luang, atau berolahraga ringan. Dapat dikatakan sebuah permainan merupakan hasil warisan dari para leluhur atau nenek moyang yang diturunkan secara turun-temurun, dan mengikuti perkembangan zaman. Permainan tradisional yang merupakan hasil warisan dari para leluhur atau nenek moyang sebagai sebuah tradisi masyarakat, sarat dengan pesan moral hidup masyarakat. Catua rimau adalah salah satu permainan tradisional Sumatera Barat berupa permainan papan atau board game yang dulunya sangat digemari oleh semua kalangan. Catua berasal dari bahasa Minang yang berarti catur, sedangkan rimau berarti harimau. Disebut catua rimau, karena permainan ini berpusat kepada bidak yang difungsikan sebagai harimau yang menangkap semua mangsa yang berada disekelilingnya. Dahulunya permainan ini sangat populer dikalangan masyarakat, karena dapat dimainkan dimana saja, baik di atas meja, dilantai, dan lainnya. Namun, sekarang permainan tradisional semacam ini tergusur dengan permainanpermainan modern yang menggunakan perangkat elektronik (gadget), seperti play stasion, video game, PC, dll. Hal ini juga terjadi karena media yang digunakan terlalu sederhana dan tampak kurang menarik, serta kurangnya sosialisasi. Oleh karenanya permainan tradisional ini mulai terlupakan dan bahkan ada yang tidak mengetahuinya. Dalam perancangan elemen visual board game tradisional Minangkabau catua rimau ini menggunakan teori 5W+1H.. Hasil dari perancangan memfokuskan kepada perancangan elemen-elemen visualnya, seperti board, bidak, kemasan, dan lain sebagainya. Kemudian menjadikan permainan ini yang awalnya tidak permanen, menjadi permanen. Selain media utama, perancangan ini juga menggunakan media pendukung berupa rules book ,poster, x-banner, t-shirt, tumbler, dan sticker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
CorrectorFaisal, DiniUNSPECIFIED
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 12 May 2023 01:59
Last Modified: 12 May 2023 01:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43717

Actions (login required)

View Item View Item