Pengembangan Media Trainer Programmable Logic Controller (PLC) Terintegrasi Sistem Pneumatik di Sekolah Menengah Kejuruan

Rindaryati, Nurwahyu (2022) Pengembangan Media Trainer Programmable Logic Controller (PLC) Terintegrasi Sistem Pneumatik di Sekolah Menengah Kejuruan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_05_NURWAHYU_RINDARYATI_20138040_4965_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam pendidikan kejuruan antara lain adalah masih belum optimalnya proses dan hasil pembelajaran. Media pembelajaran yang baik dapat mendukung keberhasilan proses dan hasil pembelajaran. Trainer merupakan media pembelajaran yang memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan sesungguhnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Trainer Programmable Logic Controller (PLC) Terintegrasi Sistem Pneumatik yang valid, praktis, dan efektif pada mata pelajaran sistem pengendali elektronik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development dengan prosedur pengembangan model 4-D (Define, Design, Develop, and Disseminate). Dalam upaya validasi media, Trainer PLC terintegrasi sistem pneumatik diaplikasikan dalam pembelajaran siswa jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 5 Batam. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis statistik untuk menguji validitas, praktikalitas, dan efektifitas media trainer PLC terintegrasi sistem pneumatik yang dikembangkan. Penelitian ini telah menghasilkan produk berupa trainer PLC terintegrasi sistem pneumatik. Validasi yang dilakukan terhadap produk hasil penelitian menunjukkan bahwa trainer sudah memenuhi prinsip validitas yaitu sebesar 86,52%. Prinsip praktikalitas juga sudah terpenuhi dengan 92,44 guru dan 91,59 siswa menyatakan sangat praktis. Pengujian terhadap efektivitas media yang dikembangkan diperoleh sebesar 81,67%. Dapat disimpulkan bahwa media trainer PLC valid, praktis, dan efektif untuk dipakai dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorIrfan, DedyUNSPECIFIED
CorrectorMaksum, HasanUNSPECIFIED
CorrectorEffendi, HansiUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: TRAINER PLC, PLC TERINTEGRASI SISTEM PNEUMATIK, SISTEM PNEUMATIK
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 May 2023 01:56
Last Modified: 12 May 2023 01:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43714

Actions (login required)

View Item View Item