Dampak Aktivitas Penambangan Terhadap Kesehatan Karyawan dan Masyarakat Lingkungan Tambang Batubara pada Kegiatan Tambang Terbuka

Efendi, Nur (2022) Dampak Aktivitas Penambangan Terhadap Kesehatan Karyawan dan Masyarakat Lingkungan Tambang Batubara pada Kegiatan Tambang Terbuka. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B_03_NUR_EFENDI_21168022_6043_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ruang lingkup penelitian pada lokasi kegiatan tambang terbuka (open pit mining) di Kabupaten Kutai Barat, yaitu PT. Citra Dayak Indah, PT. Gunung Bara Utama, dan Masyarakat sekitar tambang dengan tujuan mengetahui gambaran, tingkat dan pengaruh kebisingan, suhu, dan debu terhadap kesehatan karyawan tambang terbuka (open pit mining) dan pengaruh faktor-faktor risiko lainnya (lama waktu bekerja dan umur pekerja). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan yang bekerja di tambang terbuka (open pit mining) dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 106 responden dilakukan secara purposive sampling yang dibagi berdasarkan masa kerja < 5 tahun, 5 s/d 10 tahun, dan > 10 tahun. Olah data dari hasil pengukuran seluruhnya dilakukan dengan mengunakan komputerisasi Program SPSS versi 26. Analisa data dengan program SPSS versi 26 ternyata variabel debu memiliki pengaruh yang signifikan terhadap gangguan kesehatan karyawan. Berdasarkan masa kerja nilai signifikan variabel kebisingan, suhu, dan debu, secara parsial faktor debu memiliki hubungan dan pengaruh yang cukup kuat terhadap gangguan kesehatan tenaga kerja tambang terbuka (open pit mining), sehingga fakta hasil analisis ini sekaligus telah menjawab hipotesis penelitian ini, yaitu menolak hipotesis penelitian bahwa ada hubungan dan pengaruh yang cukup kuat antara kebisingan, suhu, dan debu dengan kesehatan karyawan akibat kegiatan penambangan batubara terbuka (open pit mining).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorBarlian, EriUNSPECIFIED
CorrectorDewata, IndangUNSPECIFIED
CorrectorSyah, NurhasanUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: AKTIVITAS PENAMBANGAN, KESEHATAN KARYAWAN DAN MASYARAKAT
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Divisions: Pasca Sarjana > Ilmu Lingkungan-S2
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 May 2023 01:55
Last Modified: 12 May 2023 01:55
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43713

Actions (login required)

View Item View Item