Pengembangan LKPD Terintegrasi Praktikum Berbasis Kontekstual dengan Komponen REACT pada Materi Sistem Koloid untuk Kelas XI SMA/ MA

Jumalia, Rima (2022) Pengembangan LKPD Terintegrasi Praktikum Berbasis Kontekstual dengan Komponen REACT pada Materi Sistem Koloid untuk Kelas XI SMA/ MA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_7_RIMA_JUMALIA_16035034_1720_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sistem koloid merupakan materi kimia yang dipelajari di kelas XI SMA/MA pada semester genap. Materi ini dekat dengan kehidupan sehari-hari terutama sifat dan contohnya serta memerlukan praktikum. Sebagian praktikum bisa dilakukan peserta didik secara mandiri menggunakan bahan-bahan sederhana yang terdapat di lingkungan sekitar. Karena itu salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah kontekstual. Tujuan penelitianadalah menghasilkan LKPD terintegrasi praktikum berbasis kontekstual dengan komponen REACT serta menentukan kevalidan dan kategori praktikalitas bahan ajar. Jenis penelitian adalah penelitian dan pengembangan(R&D) dengan model 4-D yaitu define, design, dan develop, sedangkan tahap disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu. Data hasil penelitian dianalisis dengan formula Aiken’s V. Analisis angket uji validitas oleh 3 orang dosen dan 2 orang guru kimia didapatkanhasilbahwa LKPD yang dikembangkan sudahvalid (0,86). Hasil analisis angket praktikalitas yang diberikan kepada 3 orang guru kimia memiliki kategori sangat praktis (93%) dan hasil analisis angket yang diberikan kepada 36 orang peserta didik kelas XI memiliki kategori sangat praktis (84,40%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSuryelita, SuryelitaUNSPECIFIED
CorrectorKurniawati, KurniawatiUNSPECIFIED
CorrectorIryani, IryaniUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 12 May 2023 01:23
Last Modified: 12 May 2023 01:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43712

Actions (login required)

View Item View Item