Sintesis dan Karakterisasi Katalis Karbon Kulit Kacang Tanah (Arachis Hypogaea) Tersulfonasi untuk Produksi Biodiesel dari PFAD (Palm Fatty Acid Distillate)

Rida, Rida (2022) Sintesis dan Karakterisasi Katalis Karbon Kulit Kacang Tanah (Arachis Hypogaea) Tersulfonasi untuk Produksi Biodiesel dari PFAD (Palm Fatty Acid Distillate). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_8_RIDA_18036143_1766_2022.pdf

Download (886kB) | Preview

Abstract

Katalis karbon kulit kacang tanah tersulfonasi merupakan salah satu alternatif katalis yang digunakan dalam produksi biodiesel. Katalis ini disintesis dengan variasi suhu kalsinasi 250 °C - 400 °C dilanjutkan dengan proses sulfonasi dengan H2SO4. Penelitian ini bertujuan untuk mensintesis katalis karbon kulit kacang tanah tersulfonasi dan diaplikasikan untuk produksi biodiesel. Setelah itu, dilakukan uji aktivitas katalik dari biodiesel yang dihasilkan setelah proses esterifikasi PFAD dan metanol. Selanjutnya, uji sifat biodiesel yang disintesis, seperti uji densitas, viskositas, bilangan asam dan persen konversi. Katalis karbon kulit kacang tanah dikarakterisasi menggunakan XRD, FTIR, dan penentuan situs asam. Hasil karakteristik FTIR adanya gugus sulfat dapat diamati pada pita serapan dengan panjang gelombang 1170.06 cm-1. Pita serapan ini disebabkan oleh peregangan dari gugus O–S-O. Sedangkan untuk penentuan situs asam didapatkan situs asam yang paling tinggi pada sampel K-KT 3000C. Katalis recycle atau (R)K-KT menunjukkan biodiesel yang dihasilkan menurun dibandingkan dengan K-KT. Hasil uji sifat fisika biodiesel menggunakan katalis karbon kulit kacang tanah tersulfonasi menunjukkan penurunan densitas, bilangan asam, dan viskositas dibandingkan PFAD yang menadakan adanya reaksi antara asam lemak bebas dengan metanol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorNizar, Umar KalmarUNSPECIFIED
CorrectorEtika, Sri BentiUNSPECIFIED
CorrectorPutra, AnandUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 11 May 2023 08:41
Last Modified: 11 May 2023 08:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43702

Actions (login required)

View Item View Item