Analisis Sikap dan Kesulitan Mahasiswa dalam Mempelajari Fisika Komputasi

Indriani, Revi (2022) Analisis Sikap dan Kesulitan Mahasiswa dalam Mempelajari Fisika Komputasi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_5_REVI_INDRIANI_17033036_821_2022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fisika Komputasi adalah ilmu pengetahuan yang memanfaatkan ilmu komputer modern untuk menyelesaikan permasalahan Fisika yang kompleks. Idealnya, mahasiswa yang mempelajari Fisika Komputasi dituntut untuk berpikir secara komputasi. Namun, hasil belajar mahasiswa Fisika semester Januari-Juni 2019 dan Januari-Juni 2021 cenderung rendah. Hasil belajar yang rendah diduga mahasiswa mengalami kesulitan dalam belajar. Salah satu penyebab kesulitan belajar adalah sikap mahasiswa dalam menanggapi pembelajaran. Oleh karena itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui sikap dan kesulitan mahasiswa dalam mempelajari Fisika Komputasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Fisika FMIPA UNP yang mengambil mata kuliah Fisika Komputasi. Sampel dalam penelitian adalah mahasiswa Fisika FMIPA UNP yang mengambil mata kuliah Fisika Komputasi semester Januari-Juni 2021. Data pada penelitian ini diambil menggunakan instrumen analisis sikap mahasiswa terhadap Fisika Komputasi dan instrumen analisis kesulitan mahasiswa dalam mempelajari Fisika Komputasi dalam bentuk angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap mahasiswa terhadap Fisika Komputasi baik dengan persentase dari respon mahasiswa sebesar 67.40%. Faktor terbesar yang mempengaruhi sikap mahasiswa yaitu pada indikator menghubungkan materi secara konseptual (58%), pemahaman konseptual dalam penerapannya (59%) dan kreativitas mahasiswa dalam memecahkan masalah (54%). Faktor yang mempengaruhi kesulitan mahasiswa dalam mempelajari Fisika Komputasi yaitu Faktor internal berupa faktor psikologis pada aspek minat (61%), aspek motivasi (60%) dan aspek kebiasaan belajar mahasiswa (48%). Faktor eksternal berupa hubungan dengan teman (18%) dan metode serta cara mengajar dosen (19%) tidak begitu mempengaruhi kesulitan mahasiswa dalam mempelajari Fisika Komputasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorAkmam, AkmamUNSPECIFIED
CorrectorMufit, FatniUNSPECIFIED
CorrectorSari, Silvi YuliaUNSPECIFIED
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: mrs Ridha Prima Adri
Date Deposited: 11 May 2023 06:48
Last Modified: 11 May 2023 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43698

Actions (login required)

View Item View Item