Perencanaan Jalan Hauling Batubara dari ROM Pit menuju ROM Port PT. MNC Infrastruktur Utama Jobsite PT. Bhumi Sriwijaya Perdana Coal Provinsi Sumatera Selatan.

Alfajriah, Alfajriah (2023) Perencanaan Jalan Hauling Batubara dari ROM Pit menuju ROM Port PT. MNC Infrastruktur Utama Jobsite PT. Bhumi Sriwijaya Perdana Coal Provinsi Sumatera Selatan. Skripsi thesis, Fakultas Teknik.

[img]
Preview
Text
B1_11_ALFAJRIAH _18137030_4847_2023.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Setiap operasi penambangan memerlukan jalan angkut sebagai sarana infrastruktur yang sangat penting. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat perencanaan jalan angkut dan menghitung desain geometri jalan yang diperlukan sehingga dapat dilalui oleh dump truck Hino FM 260 JD. Metode pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu studi literatur, observasi, data primer dan data sekunder. Lokasi yang akan diteliti memiliki panjang jalan ± 11,2 km. Hasil penelitian ini dengan perencanaan lebar jalan lurus 9 m sedangkan pada tikungan 15 m, jari-jari minimum tikungan 47 m dengan radius putar 8,5 m maka superelevasi maksimum yang diperoleh adalah 0,04, dan diperoleh kemiringan melintang (cross slope) dengan beda tinggi 18 cm. Kemiringan jalan yang direncanakan adalah kemiringan maksimum yang dapat dilalui dengan baik oleh alat angkut. Kemiringan tersebut idealnya akan dibuat sebesar 8%. Berdasarkan perencanaan tikungan terdapat 10 jari-jari tikungan yang terdiri dari 5 tikungan SCS, 1 tikungan FC dan 4 tikungan SS. Guna menunjang kelancaran dan keselamatan kegiatan pengangkutan khususnya pada jalan hauling, maka perlu diperhitungkan faktor pendukung jalan untuk tercapainya kondisi tersebut yaitu jarak berhenti, dan tanggul pengaman (safety berm). Pada setiap sisi kiri dan kanan jalan akan dibuat tanggul pengaman selebar 1,44 m dengan tinggi 0,48 m dan jarak aman/ jarak berhenti yang digunakan kendaraan yaitu sebesar 41,463 m. Beban yang diterima permukaan jalan sebesar 16.000 lb/ft2. Oleh karena itu, diperlukan perkerasan jalan hauling dengan penambahan lapisan penutup dengan daya dukung material sebesar 20.000 lb/ft2 Compact gravel and boulder-gravel formation;very compact sandy gravel. Berdasarkan rencana produksi coal hauling PT. BSPC yaitu sebesar 200.000 ton/bulan untuk jalan hauling baru maka didapatkan jumlah alat angkut untuk mencapai target produksi sebanyak 17 unit dengan rencana waktu kerja coal hauling yaitu 525 jam per bulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
Thesis advisorSaldy, Tri GamelaUNSPECIFIED
CorrectorNata, Refky AdiUNSPECIFIED
CorrectorRusli, RusliUNSPECIFIED
Uncontrolled Keywords: GEOMETRI JALAN, INFRASTRUKTUR , SUPERELEVASI
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Nov 2023 02:39
Last Modified: 09 Nov 2023 02:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43697

Actions (login required)

View Item View Item