Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Berbantuan Media Video Animasi terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kerinci

Pedrikayana, Agia (2023) Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Berbantuan Media Video Animasi terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
B1_01_Agia_Pedrikayana_19016139_1020_2023.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan, yakni (1) mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur menggunakan model project based learning berbantuan media video animasi, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur tanpa menggunakan model project based learning berbantuan media video animasi, dan (3) menjelaskan pengaruh penggunaan model project based learning berbantuan media video animasi terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kerinci. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitafif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah post test only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kerinci tahun pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 148 siswa. Sampel penelitian ditentukan berdasakan nilai rata-rata dan standar deviasi siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kerinci dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kerinci menggunakan dan tanpa menggunakan model project based learning berbantuan media video animasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks prosedur. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji persyaratan analisis data, dan uji-t. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks prosedur menggunakan model project based learning berbantuan media video animasi ialah 74,54 yang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Kedua, keterampilan menulis teks prosedur tanpa menggunakan model project based learning berbantuan media video animasi ialah 60,55 yang berada pada kualifikasi Cukup (C). Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H 1 ) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena t hitung > t tabel (3,89>1,67). Berdasarkan perbedaan nilai rata-rata keterampilan menulis teks prosedur terlihat bahwa penggunaan model project based learning berbantuan media video animasi diketahui dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kerinci. Oleh karena itu, disimpulkan bahwa penggunaan model project based learning berbantuan media video animasi memberikan pengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kerinci.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Contributors:
ContributionContributorsEmail
CorrectorHafrison, MhdUNSPECIFIED
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 11 May 2023 03:34
Last Modified: 11 May 2023 03:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/43696

Actions (login required)

View Item View Item