Pedrikayana, Agia
(2023)
Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning
Berbantuan Media Video Animasi terhadap Keterampilan Menulis Teks
Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Kerinci.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan, yakni (1) mendeskripsikan keterampilan
menulis teks prosedur menggunakan model project based learning berbantuan
media video animasi, (2) mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur
tanpa menggunakan model project based learning berbantuan media video animasi,
dan (3) menjelaskan pengaruh penggunaan model project based learning
berbantuan media video animasi terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa
kelas VII SMP Negeri 14 Kerinci.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitafif dengan metode eksperimen.
Desain penelitian yang digunakan adalah post test only control group design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kerinci tahun
pelajaran 2022/2023 dengan jumlah 148 siswa. Sampel penelitian ditentukan
berdasakan nilai rata-rata dan standar deviasi siswa kelas VII SMP Negeri 14
Kerinci dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive
sampling. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks
prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kerinci menggunakan dan tanpa
menggunakan model project based learning berbantuan media video animasi.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan
menulis teks prosedur. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus
rata-rata hitung, uji persyaratan analisis data, dan uji-t.
Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks prosedur
menggunakan model project based learning berbantuan media video animasi ialah
74,54 yang berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC). Kedua, keterampilan
menulis teks prosedur tanpa menggunakan model project based learning
berbantuan media video animasi ialah 60,55 yang berada pada kualifikasi Cukup
(C). Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H
1
) diterima pada taraf
kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena t
hitung
> t
tabel
(3,89>1,67).
Berdasarkan perbedaan nilai rata-rata keterampilan menulis teks prosedur terlihat
bahwa penggunaan model project based learning berbantuan media video animasi
diketahui dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kerinci.
Oleh karena itu, disimpulkan bahwa penggunaan model project based learning
berbantuan media video animasi memberikan pengaruh terhadap keterampilan
menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 14 Kerinci.
Actions (login required)
|
View Item |