Fadhilla, Diva Dwi
(2022)
Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap
Kepuasan Tamu di Sky Lounge The Premiere Hotel Padang.
Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
Abstract
Biaya yang dikeluarkan tamu hotel serta kualitas pelayanan dapat
memengaruhi kepuasan tamu. Dalam pelaksanaannya terkadang hal ini luput dari
perhatian manajemen hotel. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh harga serta
kualitas pelayanan terhadap kepuasan tamu di Sky Lounge The Premiere Hotel.
Penelitian ini tergolong ke dalam penelitian deskriptif kuantitatif berdasarkan
metode asosiatif kausal. Populasi penelitian ini tamu yang mengunjungi Sky
Lounge The Premiere Hotel Padang pada bulan September 2021 – Februari 2022.
Berdasarkan jumlah populasi yang ada sebanyak 2.918 maka teknik pengambilan
sampel di penelitian ini memakai rumus Slovin dengan sampel berjumlah 97
orang. Pengumpulan data dilaksanakan dengan berkomunikasi secara tidak
langsung maupun dengan penyebaran angket. Instrumen penelitian memakai
kuesioner (angket) dengan penyusunan berdasarkan skala likert. Uji coba
instrumen dilaksanakan dengan cara uji validitas serta uji reabilitas. Hasil
penelitian ini yakni pada variabel harga menunjukkan kategori cukup dengan
persentase 42,3%, selanjutnya pada variabel selanjutnya pada variabel kualitas
pelayanan menunjukkan kategori cukup dengan persentase 44,3% serta pada
variabel kepuasan tamu menunjukkan kategori cukup dengan persentase 50,5%.
Didapat nilai R Square yakni 0,165, artinya pengaruh variabel X1, X2, serta Y
sebanyak 16,5%. Kata kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Tamu.
Actions (login required)
|
View Item |